Cabai Merah Besar Naik 100 Persen

0
217
Petani sedang memeriksa tanaman cabai merah besar yang rusak karena diguyur hujan terus-menerus. Harga cabai ini naik dari Rp 6000 menjadi Rp 12 ribu di pasaran.

BANYUWANGI – Ketika masa panen terus berkurang, ternyata harga cabai merah besar mulai merangkak naik. Setelah terpuruk di angka Rp 6.000 perkilogram, kini harga komoditas hasil pertanian itu naik 100 persen menjadi Rp 12.000 perkilogram.

Para petani mengakui adanya tren kenaikan harga cabai merah besar beberapa hari terakhir. Saat ini, harga cabai merah besar sudah di atas Rp 10 ribu perkilogram. “Tinggal sisa-sisa, harga cabai merah besar di kisaran Rp 12 ribu perkilogram,” ungkap Ahmad Fatoni, salah satu petani cabai merah besar asal Desa Sumberarum, songgon.

Dia mengaku mengalami kerugian besar pada masa panen kali ini. Sebab, cabai rawit yang dipetik harganya anjlok. “Satu setengah hektare tidak menghasilkan. Rugi,” bebernya. Menurut dia, cabai merah besar memang harganya tidak stabil dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan. harga di tingkat petani tidak normal.

Loading...

“Sebelum puasa lalu, itu harganya di bawah standar,” sebutnya. Nah, kini harga cabai merah besar perlahan mulai merangkak naik. Hanya, kenaikan yang sedang berlangsung sama sekali tidak melesat tajam. “Naiknya pelan. Yang dipanen hanya sisa-sisa,” tukasnya.

Selain itu, kondisi cuaca yang tidak menentu membuat kualitas cabai merah besar menurun. Celakanya, ketika tengah dipanen, kondisi diguyur hujan. “Terkadang panen ditunda. Mau bagaimana lagi karena hujan,” paparnya.

Sebagai petani, dia berharap agar para petani mendapatkan jaminan mengenai harga. Paling tidak, harga cabai merah besar tidak sampai jatuh. “Kalau harganya gak bagus, petani seperti saya rugi terus,” pungkasnya.

Pada bagian lain, harga cabai merah besar di pasaran memang menunjukkan tanda-tanda peningkatan. Seperti yang terjadi di Pasar Genteng 1, kemarin. “Rata-rata harga cabai merah besar Rp 12 ribu perikilogram,” sebut Rudi Hartono, salah satu pedagang yang beroperasi di pasar kelas 1 itu.

Dia mengatakan, kalau pasokan cabai merah besar mulai berkurang dalam beberapa hari terakhir. Minimnya pasokan itu membuat harga cabai merah besar terkerek naik. “Barangnya tidak banyak seperti sebelum-sebelumnya. Makanya harganya sekarang mulai naik,” ujarnya.

Selain cabai merah besar, harga cabai rawit di pasar tersebut juga cukup stabil. Saat ini harga cabai rawit yang beredar di pasaran senilai Rp 30 ribu perkilogram. Tomat saat ini harganya Rp 2,5 ribu perkilogram dan Ranti berkisar Rp 6 ribu perkilogram. (radar)

loading...