Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Cegah Serangan Wereng, Gapoktan Semprot Masal

SEMPROTMUNCAR – Untuk mencegah meluasnya serangan hama wereng, puluhan petani menggelar penyemprotan masal diwilayah Desa Kumendung, Kecamatan Muncar, Minggu pagi lalu (5/4).

Penyemprotan hama secara masal ini merupakan inisiatif dari anggota FPDIP DPRD Banyuwangi, irianto bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Makoramil Muncar. Kita perang dengan hama,” cetus irianto yang asli dari Desa Kumendung itu.

Menurut irianto, secara umum penyebaran hama wereng sudah meluas di wiayah Desa Kumendung, Kecamatan Muncar. Informasi itu jelas dia, diperoleh dari para petani. Saya banyak menerima pengaduan dari para petani tentang serangan hama ini,” katanya.

Para petani, Jelas dia, cukup resah dengan serangan hama wereng ini. Makanya, untuk mencegah meluasnya serangan hama itu menggelar penyemprotan secara masal bersama para kelompok tani. Penyemprotan ini dilakukan secara swadaya,” ujarnya.

Penyemprotan hama wereng secara masal ini, jelas dia, tidak hanya dilakukan dalam satu hari. Tapi, secara bertahap dan menyeluruh kesemua titik yang terindikasi serangan hama wereng. Para petani dihantui serang an wereng, cetusnya.

Salah satu tokoh petani Desa Kumendung, Supriyadi, 50, mengatakan serangan irama wereng itu mulai muncul ketika tanaman padi memasuki usia sekitar 50 hari dari total siklus panen 115 hari. Wereng ini menyerang pangkal batang tanaman padi,” katanya.

Selain hama wereng, terang dia, tanaman padi yang ada di desanya itu sebagian telah menguning dan layu, meski batangnya masih hijau. “Saya tidak tahu lagi harus bagaimana, karena sudah berulang kali disemprot,” ujarnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE