Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

CJH Banyuwangi Didominasi Perempuan

BANYUWANGI – Calon jamaah haji (CJH) yang akan berangkat dari Banyuwangi mendapat luberan dua orang dari Jember. Bila sebelumnya jumlahnya 791 orang, kini menjadi 793 orang. 793 CJH yang akan berangkat itu didominasi kaum perempuan. Persentase perempuan mencapai 52,59 persen. Mereka akan di berangkatkan Kamis (3/10) mendatang. Kepala Seksi Urusan Haji Kementerian Agama (Kemenag) Banyuwangi Mukhlis mengatakan, jumlah CJH asal Banyuwangi baru difi nalkan kemarin.

”Jumlahnya 793 orang,” kata Mukhlis. Sebelum menerima dua jamaah dari Jember, sebenarnya dua kursi kosong itu sudah di tawarkan kepada CJH asal Banyuwangi. Nyatanya, empat calon haji yang sudah memenuhi syarat justru menyatakan tidak sanggup berangkat dan minta diundur tahun depan. “Jadi tambahan kita ambilkan dari Jember,” terang nya. Menurut Mukhlis, CJH sebanyak 793 itu akan tergabung dalam kelompok terbang (klo ter) 53 dan 54. Tidak semua jamaah berasal dari Banyuwangi. ada delapan CJH asal Jember dan satu orang asal Jakarta.

“Sebelumnya, ada 2 CJH asal Banyuwangi yang keluar dan berangkat dari Surabaya,” ungkapnya Mukhlis menyebut, tahun ini sebenarnya ada 897 CJH yang sudah siap berangkat. Tetapi, dari jumlah itu, ternyata ada pengurangan 101 jamaah karena ada pengurangan kuota sebesar 20 persen. “Setelah ada pengurangan kuota 20 persen, CJH Banyuwangi berkurang 101 orang,” sebutnya. Selain berkurang 101 orang, masihkata dia, ada 11 CJH yang tidak bisa berangkat tahun ini.

Dari 11 CJH itu, sebut dia, lima CJH minta penundaan pemberangkatan, satu CJH tidak bisa berangkat karena kecelakaan, dan lima CJH lain meninggal dunia. “Setelah ada pengurangan, penundaan, meninggal, dan kecelakaan, jumlah CJH Banyuwangi menjadi 793 orang itu,” urainya. Dari 793 CJH yang akan berangkat, sebut dia, CJH laki-laki sebanyak 376 orang atau 47,41 persen. CJH perempuan sebanyak 417 orang atau 52,59 per sen. “Jadi yang berangkat haji tahun ini lebih banyak perempuannya,” ungkap Mukhlis. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE