Dam Concrong Dipercantik

0
804


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

ROGOJAMPI – Lomba destinasi wisata pengairan makin menggairahkan. Para koordinator eksploitasi (Korek) air irigasi saling berinovasi membuat destinasi di saluran air dan  bendungan yang ada di wilayahnya. Korek air irigasi Rogojampi mulai  menata tiga dam yang akan dijadikan destinasi wisata.

Ketiga dam itu, Dam Concrong 1 di Desa/ Kecamatan Rogojampi dan Dam Concrong 2 di Desa Watukebo, Kecamatan Blimbingsari, “Sementara yang dikerjakan pintu air Dam Concrong 2, karena lokasinya strategis dengan dilintasi tamu luar daerah dari Bandara Blimbingsari,”  cetus Korek Rogojampi, Suwadi.

Loading...

Penataan yang dilakukan di damitu, selain memberikan sentuhan dengan cat warna-warni, juga sudah dilakukan penanaman pohon dan aneka jenis tanaman hias di sepanjang tepi dam. ”Kami juga akan menyelesaikan penataan aliran sungai Lungun yang mengalir ke Dam Joyo dan melintasi sungai  di samping masjid besar Baitur  Rohiem Rogojampi,” katanya.

Sepanjang aliran sungai di tengah perkotaan Rogojampi itu, terang dia, juga menjadi pekerjaan rumah  besar untuk bisa diselesaikan tahun ini. Sebelum dilakukan pengecatan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Forpimka Rogojampi untuk membongkar bangunan toilet di  tepi aliran sungai tersebut.

Selain pembongkaran, aliran su- ngai yang bersebelahan dengan Pasar Rogojampi itu, jelas dia, juga  akan dikeruk karena pendangkalan.  “Sudah waktunya normalisasi, jika kedalaman bagus air akan bagus dan terlihat lebih bening,” cetusnya.

Di sisi lain, jelas dia, plengsengan di aliran Dam Rejeng itu juga sudah  banyak yang rusak. Pembenahan  irigasi di Dam Rejeng Dusun Prejengan1, Desa/Kecamatan  Rogojampi, itu juga sangat penting  dilakukan. Sebab berada di jantung Kota Rogojampi.

“Harapan saya  aliran Dam Rejeng akan mampu  menyaingi destinasi wisata Kalilo Banyuwangi,” katanya. (radar)

Loading...

Baca Juga :