Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Hujan Deras, Dam Concrong Tersumbat Sampah

Rohman (atas) dan Abdul Rahman (bawah) membersihkan sampah yang menyumbat dam Concrong di Dusun Pekauman, Desa/Kecamatan Rogojampi.
Rohman (atas) dan Abdul Rahman (bawah) membersihkan sampah yang menyumbat dam Concrong di Dusun Pekauman, Desa/Kecamatan Rogojampi.

ROGOJAMPI- Hujan deras dan angin kencang pada Senin (13/11), ternyata membawa tumpukan sampah di sungai. Dan itu menyumnbat di dam Concrong, Dusun Pekauman, Desa/Kecamatan Rogojampi, kemarin (14/11).

Selain tumpukan sampah berupa dedahunan, ranting pohon, dan sampah rumah tangga, juga ada batang pohon berukuran cukup besar. “Ini sampahnya  banyak dan menyumbat saluran di dam Concrong,” ujar Rohman, 55, warga Desa Batukebo, Kecamatan Rogojampi.

Sampah yang menyumbat di dam itu, terang dia, kebanyakan sampah dari pasar dan permukiman warga. Tapi, juga ada potongan pohon. “Ada pohon di pinggir sungai yang tumbang, lalu hanyut dan ikut menyumbat,” katanya.

Penjaga pintu Dam Concrong, Abdul Rahman, mengatakan hujan deras dan angin kencang membuat air tinggi dan meluap. Dan itu membuat sampah banyak yang hanyut dan menyangkut di dam Concrong. “Sampahnya banyak sampah rumahan dan pasar,” katanya.

Tumpukan sampah di bendungan itu, terang dia, menandakan masih banyak masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Akibat tumpukan sampah itu, menganggu aliran sungai. “Debit air yang di bawah jadi kurang,’’ cetusnya.

Untuk memperlancar aliran sungai, Rahman mengaku selama ini bersama warga harus sering membersihkan sampah yang menumpuk di bendungan. “Kita sering membersihkan sampah yang menyangkut di dam,” katanya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE