Deteksi Dini Kanker Rahim dengan Pap Smear

0
1022

deteksiOLEH:
ARIEF RISKI ANDHIKA
Dokter Puskesmas Besuki, Situbondo


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KANKER rahim merupakan jenis kanker yang menyerang leher rahim, yaitu suatu daerah organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak di antara rahim dengan liang senggama (miss V). Oleh karena itu, kanker rahim banyak menyerang pada wanita. Dan merupakan pembunuh nomor 1 bagi kaum wanita. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang gejala dan tanda dari kanker rahim.

Banyak wanita yang datang ke dokter untuk memeriksakan diri dengan diagnosa kanker rahim yang sudah stadium lanjut. Kanker rahim bisa menyerang wanita usia dewasa muda terutama yang sudah melakukan hubungan intim dengan pasangannya di bawah usia 18 tahun. Penyebab dari kanker rahim adalah virus yang di beri nama Human Papiloma Virus (HPV). Gejala kanker rahim yang dini, antara lain keputihan.

Keputihan yang dimaksud adalah keputihan encer (biasanya berwarna hijau) yang berlebihan dan berbau busuk. Keputihan yang normal, yaitu keputihan sebelum dan sesudah haid, tidak berbau, dan tidak berwarna. Sedangkan gejala yang lain biasanya perdarahan setelah berhubungan intim (berhubungan suami istri), perdarahan dari vagina (miss V) di luar siklus haid (menstruasi), perdarahan setelah menopause, nyeri di daerah panggul.

Namun sekarang kita tidak perlu khawatir lagi, karena telah banyak informasi tentang kanker rahim, baik di media cetak atau internet. Deteksi dini kanker rahim bisa dilakukan dengan cara pap smear. Pap Smear terbukti cukup efektif meningkatkan temuan kanker rahim stadium dini. Pemeriksaan pap smear murah, cepat, dan dapat dilakukan di pelayanan kesehatan terdekat, seperti puskesmas, rumah bersalin, rumah sakit, bidan, klinik, praktek dokter, dan lain–lain.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last