Dikeramatkan Warga dan Jadi Lokasi Ritual Mantu Kucing

0
3391

Lokasi sumber air Mbah Kopek juga lumayan  luas, cukup untuk parkir mobil dan motor. Di sisi kanan jalan masuk ada pesarean dan di  sebelah timur pintu masuk terdapat dua gazebo  yang di bawahnya mengalir sungai dari sumber air Mbah Kopek.

Akses menuju mata air Mbah Kopek sangat  mudah, dan telah dibangun anak tangga dengan tinggi sekitar empat meter. Jika dilihat dari  atas, yang tampak berupa bangunan mirip  rumah. Namun, jika didekati di bawah bangunan  mirip rumah itu mengalir sumber yang mengucur deras dari sela-sela bebatuan sekitar pohon.

Loading...

“ Dibangun mirip kolam dan diberi  atap agar sumber tetap bersih dan tidak tercemar,” ujar Subahrudin, 45, warga setempat.  Keberadaan sumber air Mbah Kopek sangat  terawat dengan baik. Apalagi, tempat itu tidak  pernah sepi dari kunjungan warga.

Mereka yang datang itu tidak hanya dari Banyuwangi,  tapi juga banyak dari luar daerah, seperti Bali, Kediri, Jogjakarta, Lampung, Kalimantan, dan  berbagai daerah lain di Indonesia. Sumber air Mbah Kopek yang jernih dan  bersih mengalir deras meski di musim kemarau panjang itu banyak digunakan warga untuk berbagai kebutuhan.

Bahkan, saking jernihnya,  banyak warga mengambil air bersih itu langsung diminum tanpa dimasak. “Airnya lebih segar  daripada air minum kemasan bermerek yang  dijual di toko,” tutur Subahrudin. Jika musim kemarau berkepanjangan, warga  sekitar juga melakukan tradisi yang disebut mantu  kucing.

Lanjutkan Membaca : First | ← Previous | 1 |2 | 3 | Next → | Last