Beranda Sosial Dipayungi Sembilan Pohon Kamboja

Dipayungi Sembilan Pohon Kamboja

0
3282


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GIRI- Penyebaran Islam di Bumi Blambangan tidak bisa dilepaskan dari sosok Eyang Putri Ayu Atika atau yang lebih dikenal dengan Buyut Atika. Dalam salah satu riwayat, Buyut Atika disebut-sebut sebagai ibunda Sunan Giri, salah satu Wali Songo penyebar Islam di Tanah Jawa.

Makam Ayu Atika terletak di Bukit Giri, Banyuwangi. Di tempat ini, terdapat sembilan pohon kamboja berusia ratusan tahun. Uniknya, sembilan pohon kamboja itu seolah-olah menaungi makam Buyut Atika. Sayang, satu dari sembilan pohon itu kini sudah mengering.

Terdapat beberapa makam di atas Bukit Giri. Makam utama berada di dalam sebuah bangunan. Ada dua makam di dalam bangunan yang sudah direnovasi tersebut. Salah satunya terpatri nama Eyang Putri Ayu Atika. Satu makam lagi adalah makam abdi tinasih, Tilarso.

Meski saat ini di Bukit Giri dikenal sebagai makam Buyut Atika, tapi sebetulnya ada banyak versi tentang makam tersebut. Ada yang menyebut makam tersebut sebagai makam abdi Maulana Malik Ibrahim. Ada juga yang menyebut makam ini adalah makam putri Banten.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Loading...

error: Uppss.......!