Disnakertrans Jatim Tambah Lowongan Kerja

0
163
Dua pencari kerja sedang melengkapi syarat untuk mengisi ribuan lowongan kerja yang disediakan sejumlah perusahaan pada arena Job Market Fair (JMF) Banyuwangi 2017.

BANYUWANGI – Ajang Banyuwangi Job Market Fair (JMF) benar-benar menjadi magnet bagi para pencari kerja. Terbukti, sejak dibuka Rabu pagi (6/9) pengunjung bursa kerja yang diselenggarakan di Gedung  Olah Raga (GOR) Tawang Alun  tersebut tidak surut hingga kemarin (7/9).

Pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, ratusan orang datang silih berganti di lokasi penyelenggaraan JMF kemarin. Bahkan, puluhan pencari kerja sudah tiba di kawasan GOR  Tawang Alun sebelum arena  bursa kerja dibuka pukul 08.00.

Sebagian pencari kerja yang  datang pada hari kedua kemarin sebenarnya telah datang  ke lokasi JMF sehari sebelumnya. Mereka sengaja kembali setelah beberapa persyaratan  yang dibutuhkan, seperti ijazah  terakhir, pas foto, dan lain-lain  lengkap.

Loading...

“Kemarin saya sudah  datang dan sudah mencari lowongan kerja yang sesuai dengan back ground pendidikan saya. Hari ini (kemarin) saya kembali untuk memasukkan berkas lamaran,” ujar Ita, calon pelamar asal Kecamatan Rogojampi.

Sementara itu, tidak sedikit  pula pencari kerja yang baru kali pertama mendatangi arena JMF di hari kedua kemarin. Salah satunya Anindya Yasinta, asal Kecamatan Kabat. “Sementara ini saya melihat-lihat dulu. Saya  mau mencari lowongan yang kira-kira sesuai dengan minat  saya dan berpeluang untuk  diterima di perusahaan tersebut,” kata alumnus SMAN 1 Glagah tersebut.

Sementara itu, peluang bagi para pencari kerja untuk mengakses lapangan pekerjaan melalui ajang JMF kian besar. Sebab, jumlah lapangan kerja yang tersedia pada ajang tahunan yang rutin digeber sejak  2013 tersebut kini bertambah.

Itu menyusul kedatangan mobil “Ayo Kerja” alias Sarana Intensif Mobil Informasi Kerja Keliling (Simonik) dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim. Mobil Simonik yang kemarin membawa puluhan lowongan kerja asal empat perusahaan tersebut  stand by di arena JMF sejak pagi  kemarin.

Penanggung jawab Simonik, Emi Ari, mengatakan pihaknya  datang ke Bumi Blambangan atas permintaan Disnakertrans Banyuwangi untuk membantu para pencari kerja di kabupaten  ujung timur Pulau Jawa ini.

“Lowongan di empat perusahaan ini merupakan hasil identifi kasi yang dilakukan Disnakertrans Jatim. Disnakertrans menjembatani para pengguna tenaga kerja dengan para pencari kerja,” ujarnya.

Kepala Disnakertrans Banyuwangi, Syaiful Alam Sudrajat  melalui Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja, Nunuk Sri Rahayu, menuturkan  animo para pencari kerja untuk memanfaatkan JMF sangat tinggi.

Dia berharap, banyaknya para pencari kerja yang datang pada ajang yang satu ini berbanding lurus dengan pelamar yang diterima di perusahaan- perusahaan penyedia lowongan kerja.

Nunuk Menambahkan, selain untuk menjembatani pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja, ajang yang satu ini juga dimanfaatkan sebagai media sosialisasi sekaligus pembuatan kartu pencari kerja alias kartu kuning atau kartu AK 1. “Kartu kuning ini penting untuk database di Disnakertrans,” cetusnya. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :