Gelar Ruwatan Desa dan Santunan Anak Yatim

0
472
SANTUNAN & RUWATAN: Camat Glenmore Didik Suhono, Wakil Ketua DPRD Ruliyono, dan Kades Tegalharjo Afi fah, foto bersama anak yatim.
SANTUNAN & RUWATAN: Camat Glenmore Didik Suhono, Wakil Ketua DPRD Ruliyono, dan Kades Tegalharjo Afi fah, foto bersama anak yatim.

GLENMORE- Memasuki awal Bulan Suro dalam penanggalan Jawa, Pemerintah Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, menggelar ruwatan atau bersih desa kemarin malam. Sebagai puncak acara ruwatan, Pemerintah Desa Tegalharjo juga menampilkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dari Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Acara itu dirangkai dengan santunan terhadap puluhan anak yatim dan piatu oleh Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Mohammad Ruliyono, yang juga warga Kecamatan Glenmore. Selain itu, acara yang dipusatkan di Balai Desa Tegalharjo tersebut juga dihadiri Camat Glenmore Didik Suhono, yang baru saja pindah tugas dari Kecamatan Pesanggaran.

Loading...

Sehingga acara tersebut sekaligus sebagai ajang perkenalan yang bersangkutan kepada masyarakat setempat. Kades Tegalharjo, Afidah Zein mengatakan, tradisi ruwatan desa tersebut sebenarnya sudah pernah diadakan oleh para sesepuh desa setempat. “Sekarang coba kita hidupkan lagi dengan menampilkan pagelaran wayang kulit,” tuturnya.

Saat memberi kata sambutan tersebut, perempuan berjilbab itu juga mengajak para staf Pemerintah Desa Tegalharjo untuk mendampinginya di atas pentas. Dia berharap, dengan naiknya para staf tersebut sekaligus bisa mengenalkan kepada masyarakat luas. “Beliau-beliau yang bekerja mendampingi saya dan melayani bapak-bapak serta ibu di desa,” tuturnya.

Camat Glenmore, Didik Suhono mengaku senang bisa hadir dalam acara tersebut. “Acara ruwatannya sangat bagus dan ada wayang kulitnya. Sekaligus dalam kesempatan ini saya ingin memperkenalkan diri dan memperkenalkan istri saya,” tuturnya. Sementara itu, Mohammad Ruliyono yang dalam kesempatan tersebut memberikan santunan kepada puluhan anak yatim mengaku senang dengan kinerja Pemerintahan Desa Tegalharjo.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2