Warga Usung Tumpeng Raksasa

0
2866

warga-mengarak-tumpeng-raksasa-dan-hasil-bumi-menuju-kantor-desa-gambiran-dan-berakhir-di-jembatan-wiroguno-kemarin

GAMBIRAN – Warga Desa/Kecamatan Gambiran menggelar ruwatan di desanya kemarin (12/10). Dalam acara itu, mereka mengarak tumpeng raksasa dan hasil bumi dengan keliling desa.  Perjalanannya itu, berakhir di Jembatan Wiroguno yang dibuat pusat selamatan.

Dalam acara itu semua perangkat desa ikut turun jalan. Mereka mengarak hasil bumi yang dikemas dalam tumpeng. Tujuh perempuan membawa kendi, kain tiga warna, dan sesaji seperti ayam dan gunungan wayang. Arak-  arakan itu dimulai dari rumah kepala desa menuju kantor desa.

Setiba di kantor desa, salah satu tumpeng dibuka  dan didoakan, kemudian dibawa lagi  me nuju lokasi ruwatan di sebelah timur Jembatan Wiroguno. Salah satu pimpinan ruwatan, Ki Gunawan, mengatakan sebelum prosesi selamatan desa atau bersih desa itu  dilakukan dengan wayangan, mereka mengarak hasil bumi yang diusung warga dan tujuh bidadari.

Loading...

“Semua hasil bumi dan barang yang dibawa para bidadari itu merupakan symbol,” katanya. Tiga warna yang dibawa para bidadari,  yakni putih, merah, dan hitam, terang dia, itu bermakna kesucian, keberanian, dan jagat. “Hitam itu bermakna jagat,  arti kecil dari jagat itu ya desa,”  ungkapnya pada wartawan Jawa Pos  Radar Genteng.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last