Harga Ikan Laut Melejit

0
146

hargaikanBANYUWANGI – Masa padangan (bulan purnama) yang terjadi sejak beberapa hari te rakhir membuat pasokan ikan laut segar di pasaran menipis. Akibatnya sudah bisa di tebak, harga komoditas hasil laut tersebut melonjak. Siti Khodijah, 35, seorang pedagang ikan segar yang mangkal di Pasar Banyuwangi menyebutkan, pasokan ikan dari para nelayan tu run dras tis sejak masa padangan terjadi. Hal itu mengakibatkan sebagian pedagang ikan yang mangkal di Pasar Banyuwangi tak bisa berjualan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

“Karena pasokan sedikit, banyak teman saya sesama pedagang ikan tidak bisa berjualan,” ujarnya kemarin (29/4). Pasokan ikan yang sangat sedikit itu ternyata berdampak langsung terhadap harga ikan di pasaran. Dikatakan, ikan marnying yang biasanya dijual seharga Rp 16 ribu per Kilogram (Kg), kini naik menjadi Rp 18 ribu per Kg. Ikan banyar pun demikian. Jika pada hari-hari normal  harganya Rp 20 ribu per Kg, pada musim padangan ini harganya naik menjadi Rp 22 ribu per Kg.

Kecenderungan serupa juga ter jadi pada harga ikan tengiri dan ikan mata besar. Menurut Siti, harga ikan mata besar melonjak dari Rp 16 ribu per Kg menjadi Rp 20 ribu per Kg. harga ikan tengiri melonjak dari Rp 50 ribu per Kg menjadi Rp 55 ribu per Kg. “Karena harga ikan mahal, tidak sedikit calon pembeli yang mengurungkan niat membeli ikan,” ujarnya. (radar)

Loading...