Hotel Full, Tiket Pesawat Ludes

0
400

SEMENTARA itu, Festival Banyuwangi 2012 yang digelar hari ini (18/11) ternyata membawa berkah bagi jasa transportasi dan perhotelan di Bumi Blambangan. Selama kegiatan Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) pada 17 dan 18 November, pemesanan tiket dan kamar hotel naik drastis.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tiket pesawat Merpati Nusantara Airlines (MNA) dan Wings Air yang melayani penerbangan Banyuwangi-Surabaya dan sebaliknya mengalami peningkatan yang tajam sejak Jumat lalu (16/11) Merpati dan Wings cukup bagus, tapi sejak Jumat hingga Senin ada peningkatan tajam,” cetus Ke pala Bidang Hubungan Udara dan Laut (Kabid Hubula), Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan In formatika (Dishubkominfo Info) Banyuwangi, Ali Ruchi.

Menurut Ali Ruchi, tren kenaikan penumpang untuk dua maskapai tersebut bukan hanya untuk jurusan Banyuwangi-Surabaya. Pemesanan tiket penerbangan jurusan Surbaya-Banyuwangi ternyata lebih banyak. It tentu karena ada even besar yang sedang digelar Pemkab Banyuwangi. “Karena ada Gandrung Sewu dan BEC,” tegasnya.

Dari laporan yang diterima, jelas Ruchi, pemesanan tiket pe sawat mengalami kenaikan cukup tajam mulai Jumat (16/11) hingga Senin besok (19/11). Dua maskapai, yakni Merpati Nusantara dan Wings Air, ternyata tidak mampu melayani lonjakan pemesanan ti ket tersebut. “Tiket pesawat mulai Jumat hingga Senin besok tidak bisa dilayani karena sudah habis,” ungkapnya. Untuk penerbangan Sabtu (17/11) untuk jurusan Surabaya- Banyuwangi, 56 seat yang disediakan maskapai Merpati sudah ludes.

Tidak se dikit para pemesan tiket yang terpaksa tidak terlayani karena seat habis. “Untuk jurusan Banyuwangi-Surabaya, Merpati hanya melayani 44 seat, dan itu juga sudah penuh,” terangnya. Penerbangan Merpati jurusan Banyuwangi-Surabaya, jelas dia, sementara ini hanya melayani 44 seat. Hal itu karena landasan pacu Bandara Blimbingsari, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, masih kurang panjang. “Kita tengah mengupayakan penambahan landasan pacu Bandara Blimbingsari,” cetusnya.

Lonjakan penumpang yang tinggi, kata Ruchi, terjadi pada hari Minggu (18/11) ini dan Senin (19/11) besok. Khusus Minggu ini, penerbangan jurusan Banyuwangi-Surabaya, pesawat Merpati terpaksa menjual tiket 46 seat. Itu sebenarnya over dua seat. Senin besok, jelas dia, pesawat Merpati akan menjual 48 seat atau over empat seat. “Itu sudah batas maksimal.

Kalau berat penumpang ternyata melebihi kapasitas pesawat, maka penumpang tambahan itu bisa ditolak,” bebernya. Bagaimana dengan Maskapai WingsAir? AliRuchi menyebut tidak beda dengan Maskapai Merpati. Hanya saja, Wings Air sampai saat ini belum me layani penerbangan jurusan Banyuwangi-Surabaya dan sebaliknya seminggu penuh. “Penerbangan Wings Air hanya pada Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu. Kita berharap Wings Air segera melakukan penerbangan setiap hari,” harapnya.

Ali Ruchi menyebut, Jumat lalu pesawat Wings Air jurusan Banyuwangi-Surabaya dan sebaliknya full penumpang. Sebanyak 72 seat yang tersedia terisi penuh. Kondisi itu, sebut dia, tidak beda dengan penerbangan Minggu kemarin. “Jurusan Banyuwangi-Surabaya dan sebaliknya full,” katanya. Ketiban berkah atas Banyuwangi Festival 2012 juga dialami pengelola hotel diKabupaten Banyuwangi. Sejumlah hotel di Bumi Blam bangan ternyata kewalahan menghadapi pemesanan kamar.

Sejak awal kita sudah ko ordinasi dengan Dinas Ke budayaan dan Pariwisata (Disbudpar),” kata Ketua 1 Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Banyuwangi, Djoko Subandrio. Saat dilakukan pertemuan, jelas Joko, hotel di Banyuwangi tidak akan mampu melayani para tamu yang diperkirakan berjumlah 5.000 orang. Sampai saat ini, kamar di semua hotel se-Banyuwangi hanya sekitar 3.500 kamar.

Kita adakan kesepakatan-kesepakatan dalam melayani tamu,” jelasnya. Pemesanan kamar hotel terkait Festival Banyuwangi 2012 sudah ada sejak dua pekan lalu. Dua pekan sebelumnya, kamar yang di-booking untuk Gandrung Sewu, Festival Jazz, dan BEC, sudah sebanyak 200 kamar. Dua minggu lalu kamar yang sudah di-booking 200 kamar, dan itu tiap hari terus bertambah, ”terangnya. (radar)