Tiket Pesawat Ludes

0
202

BANYUWANGI – Masa liburan sekolah sepertinya banyak dimanfaatkan oleh warga Bumi Blambangan untuk berlibur ke luar kota. Sejak Jumat lalu (22/6) hingga Senin hari ini (25/6), tiket pesawat Merpati Nusantara Airlines (MNA) yang melayani penerbangan Banyuwangi-Surabaya sudah habis terjual.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tiket kereta api (KA) untuk kelas ekonomi jurusan Banyuwangi-Jogjakarta dan Banyuwangi-Malang juga sudah habis sejak Sabtu lalu (23/6). Bukan itu saja,pembelian tiket untuk KA komersial dengan jurusan Banyuwangi-Surabaya, juga sudah tidak dilayani karena habis terjual.

Peningkatan jumlah penumpang MNA melalui bandar udara (bandara) Blimbingsari di Kecamatan Rogojampi itu sudah terjadi sejak Jumat lalu (22/6). Dari 46 seat yang tersedia pada maskapai pelat merah itu, ternyata selalu penuh terpesan sehari sebelum waktu penerbangan.

“Masa liburan ini, banyak calon penumpang yang tidak bisa terbang karena tiket sudah habis,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Ko munikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Banyuwangi, Agus Siswanto melalui Kepala Bidang Perhubungan Udara dan Laut (Kabid Hubula) Ali Ruchi kemarin.

Menurut Ruchi, data yang di terima Dishubkominfo dari pihak MNA menyebutkan, tiket untuk pesawat penerbangan Banyuwangi-Surabaya pp itu sudah habis sejak Jumat lalu (22/6) sampai Senin hari ini (25/6). “Sampai Senin (hari ini, Red), tiket pesawat sudah habis,” katanya.

Ruchi mengaku belum tahu kondisi penjualan tiket untuk hari-hari selanjutnya. Yang pasti, tiket untuk penerbangan pada Selasa besok (26/6) sudah terjual 25 seat saat dipantau ke marin. “Penjualan tiket pesawat ini sangat cepat, siang ini (kemarin, Red) baru 25 tiket yang terjual. Bisa-bisa sore atau malam sudah melonjak,” ungkapnya.

Menurut Ali Ruchi, MNA yang melayani penerbangan Banyuwangi-Surabaya ini sebenarnya memiliki 56 seat. Tapi dari jumlah kursi sebanyak itu, yang biasa dijual pada penumpang hanya 46 seat. “Karena persoalan runway yang belum memungkinkan, jumlah penumpang dibatasi maksimal 46 orang,” cetusnya.

Panjang runway yang saat ini 1.400 meter, ternyata belum bisa dipakai landing maupun take off untuk pesawat berpe numpang banyak. Demi peningkatan pelayanan pada masyarakat, landasan pacu bandara itu akan ditambah lagi 400 meter tahun 2012 ini. “Mudah-mudahan dengan diperpanjang runway tersebut, semua penumpang akan bisa terangkut,” harapnya.

Sementara itu, Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops IX Jember, Gatut Setyatmoko mengatakan, pada musim liburan sekolah kali ini, jumlah penumpang melonjak. Tiket KA Sritanjung jurusan Banyuwangi- Jogjakarta sudah habis terjual hingga Rabu mendatang (27/6). Untuk KA Tawang Alun jurusan Banyuwangi-Malang, tiket sudah habis terjual hingga Selasa besok (26/6).

“Kereta Sritanjung dan Tawang Alun ini kelas ekonomi, tiketnya sudah habis sejak Sabtu lalu (23/6),” katanya kemarin. Menurut Gatut, tiket kelas komersial KA Mutiara Timur jurusan Banyuwangi-Surabaya juga sudah habis hingga Selasa besok (26/6). “Khusus untuk kelas bisnis masih tersisa lima persen,” katanya. (radar)

Loading...

Baca Juga :