Hotmix Ketapang Rampung

0
437

Normalisasi Saluran Tunggu Giliran

KALIPURO – Perbaikan kerusakan jalan poros nasional di depan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang rampung dilakukan. Saat ini, kondisi jalan sudah mulus. Sebab, beberapa hari lalu telah dilapisi hotmix anyar. Sebelum dilapisi hotmix, jalan sepanjang kurang-lebih 300 meter itu terlebih dahulu ditinggikan sekitar 61 centimeter (cm) menggunakan beberapa lapisan. Lapisan pertama adalah tanah, lapisan kedua sirtu, dan lapisan ketiga cement treated base (CTB).

Setelah CTB selesai dipasang, baru dipasangi hotmix. Saat ini pemasangan hotmix sudah rampung dilakukan. Jalan yang sebelumnya berlubang kini tidak terlihat lagi. Walau proses perbaikan jalan sudah rampung, tapi aktivitas pekerjaan masih berlanjut. Beberapa pekerjaan di lokasi itu masih belum berhenti bekerja 100 persen. “Selain memperbaiki jalan, kita juga akan melakukan kegiatan normalisasi saluran air,” ungkap Kepala TU PPK Jalan Poros Nasional Situbondo-Ketapang, Sudahlan, kemarin (25/5).

Selama ini, saluran air di depan pelabuhan penyeberangan itu adalah saluran biasa yang terbuat dari batu kali. Saluran pembuangan air itu akan diganti saluran berbahan beton produk pabrik. Kemarin sudah terlihat pemasangan beton di ujung utara (depan pintu masuk) pelabuhan. Pemasangan beton saluran air itu menggunakan alat penggali tanah. Akibat pemasangan beton itu, beberapa pohon di depan pelabuhan harus dipangkas.

Normalisasi saluran air itu demi mengatasi genangan air yang kerap datang saat hujan. Jalan terus mengalami kerusakan karena air kerap menggenang di musim hujan. Itu karena saluran air tidak berfungsi secara maksimal. Selain itu, badan jalan lebih rendah daripada saluran air itu. Dampaknya, air hujan meluber ke jalan dan menyebabkan jalan cepat rusak. Saat ini, badan jalan sudah ditinggikan 61 cm dan saluran air dinormalisasi agar aliran air ke pantai lancar. (radar)