Jelang Lebaran, Penyeberangan Padat

0
213

jelangKALIPURO – Tiga hari menjelang Hari Raya Idul Adha, aktivitas pelabuhan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk mulai meningkat. Kepadatan) penumpang didominasi warga Jawa di Bali yang akan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Adha. Penumpang menuju Bali cenderung sepi. Kendaraan roda dua dan penumpang pejalan kaki mendominasi kepadatan tersebut. Penumpang dari Bali itu banyak yang membawa barang-barang yang dibungkus kardus dan tas besar.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Taufik, 22 penumpang dari Pulau Bali mengatakan sengaja pulang lebih awal meski Idul Adha masih lanang beberapa hari lagi untuk menghindari antrean di pelabuhan penyeberangan. “Saya pulang awal karena sudah dapat jatah libur dari tempat kerja,” ujar pria asal ICeCamatan Singojuruh, Banyuwangi tersebut. Manager Operasional ASDP Ketapang, Saitaruddin Koto, membenarkan adanya peningkatan penumpang. Dia mengatakan, peningkatan penumpang dari Bali karena Idul Adha. 

Saharuddin mengungkapkan peningkatan penumpang dari Pulau Bali ini sudah berlangsung selama sejak minggu lalu. Peningkatan penumpang sampai 35 persen dari hari-hari sebelumnya. “Kendaman roda yang menyeberang sekitar 1.300 unit, pejalan kaki 1.200 hingga 1.400 orang dan pada hari biasa hanya sekitar 900 orang saja,” ungkap Saharuddin. Meski sudah ada peningkatan, Sahamddin memastikan tidak akan menambah armada kapal. Kepadatan penumpang jelang Idul Adha ini tidak terlalu berpengaruh terhadap armada yang ada saat ini. ”Tidak ada penambahan armada, saya kira sudah cukup dengan 32 kapal,” tambah Saharuddin. (radar)

Loading...

Baca Juga :