Kades Siap Rebut Lahan Sengketa

0
374

GLENMORE – Langkah Samini dan kawan-kawan (dkk) menguasai lahan sengketa seluas 2 hektare (ha) di Desa Sumbergondo ditanggapi Kepala Desa (Kades) Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, Widi Purnomo. Sebagai pihak yang selama ini menggarap lahan tersebut, kades merasa berkewajiban mempertahankannya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Menurut Widi, meski ada keputusan peninjauan kembali (PK) oleh Mahkamah Agung (MA), bukan berarti Samini dkk berhak menguasai lahan tersebut. “Putusan PK itu kan ada kelanjutannya, yaitu eksekusi pengadilan. Kalau tiba-tiba menguasai begini, namanya kan main hakim sendiri,” tukasnya saat ditemui RaBa di ruang kerjanya kemarin pagi (21/3).

Widi mengaku sangat menghormati PK, karena itu putusan pengadilan tertinggi. Hanya saja, dia meminta Samini dan para tokoh lembaga swadaya masyarakat (LSM) di belakangnya lebih jeli mempelajari perkara. Widi menyarankan, para tokoh LSM di belakang Samini, seperti Jamil, Hariyanto, dan Zaini dkk, mempelajari isi PK. “Menurut pemahaman saya, PK itu menyatakan bahwa lahan seluas 5,9 ha yang selama ini digugat ke pengadilan dikembalikan kepada negara,” ungkapnya.

Nah, karena dikembalikan kepada negara, kades juga berhak menguasai. “Desa ini kan juga bagian dari negara, dan selama ini pihak desa diberi kewenangan mengelola lahan tersebut. Jadi, sebelum wewenang itu dicabut pemda, saya akan tetap mempertahankannya,” paparnya.

Loading...

Oleh karena itu, lanjut Widi, dalam waktu dekat pihaknya akan kembali menguasai lahan yang kemarin di tanami j a g u n g oleh Samini dkk itu. Dia akan

Lanjutkan Membaca : 1 | 2