Kapal Bantuan Mangkrak

0
138

MUNCAR – Kapal jenis speedboat untuk operasional Pelabuhan Muncar mangkrak. Sudah dua tahun terakhir, kapal hasil  bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu tidak pernah difungsikan dan juga tidak pernah dirawat. Kini, kapal itu  berada di dermaga.

Salah seorang nelayan Muncar, Boimin,  45, mengatakan kapal bantuan Pemerintah  Provinsi Jawa Timur itu selama ini belum  pernah difungsikan. “Ada petik laut saja,  kapal hasil bantuan pemerintah itu tidak pernah dioperasikan, “ katanya.

Kapal speedboat dengan lebar dua meter dan panjang enam meter itu kondisinya masih lengkap. Bodi kapal yang terbuat  dari fiber dan bagian kemudi juga masih utuh. Untuk mesin juga masih menempel  i bagian belakang, hanya saja tidak diketahui masih berfungsi atau tidak.

“Mesin  kapalnya masih ada, tidak tahu masih jalan atau tidak,” ungkapnya. Para nelayan juga tidak tahu kenapa kapal tersebut diletakkan begitu saja di tepi dermaga. Sudah beberapa minggu ini diangkat ke daratan, tapi juga tidak  di lakukan perbaikan. “Apa mau dijadikan monumen atau bagaimana,” ujarnya.

Kapal speedboat yang bertuliskan Pelabuhan Perikanan Muncar pada bagian lambung itu, kini dibuat tempat mainan oleh anak-anak. Selain itu, juga dibuat unuk  lokasi selfie bagi kalangan muda. “Jarang  ada kapal di daratan, jadi mumpung ada  bisa untuk selfie,” cetus Vivin, 16, salah seorang gadis asal Desa Tapanrejo, Kecamatan Muncar.

Sayangnya, saat wartawan Jawa Pos  Radar Genteng akan konfirmasi terkait  kapal speedboat ke kantor Pelabuhan Perikanan Provinsi Jawa Timur di Kecamatan Muncar, tidak ada yang bisa ditemui.  Tak ada satu pun pegawai yang ada di kantor tersebut. (radar)

Loading...