Petik Laut, Nelayan Muncar Larung Kepala Kambing Berkail Emas

0
2401

nelayan-muncar-melarung-kepala-kambing-dari-atas-kapal-baron-di-perairan-muncar-kemarin


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

MUNCAR – Nelayan Muncar punya gawe besar kemarin (16/10). Mereka menggelar tradisi sedekah laut atau dikenal dengan petik laut. Kegiatan ritual yang digelar setiap  pertengahan bulan Suro itu dipusatkan di Pelabuhan Muncar. Upacara ritual sedekah laut ditandai dengan kirap gitik sesaji dan diakhiri dengan melarung ke tengah laut.

Dalam prosesi itu, puluhan kapal slerek dan ratusan perahu nelayan yang terlihat dipasang aneka atribut  dan aksesoris terlihat ikut mengantar.  “Tradisi ini digelar setiap 15  Suro,” terang ketua panitia penyelenggara petik laut Muncar, H.  Mohammad Hasan Basri.

Menurut Hasan, ritual petik laut  yang dilaksanakan para nelayan Muncar ini sudah digelar sejak tahun 1901 lalu. Upacara ini, digelar sebagai ungkapan rasa syukur para nelayan atas hasil ikan tangkapan yang  melimpah. “Ritual ini juga untuk tolak balak dan memohon keselamatan agar terhindar dari bahaya saat bekerja di tengah laut,” katanya.

Untuk rangkaian petik laut itu,  terang dia, diawali dengan pembuatan gitik sesaji, ider bumi gitik sesaji, dan dilanjutkan dengan istighosah hingga tirakatan dengan menggelar pengajian  atau semaan Alquran di setiap kampung, rumah juragan kapal, dan di musala dan masjid.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last