Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi Bersolek Jelang Perayaan Imlek 2022

(Foto : suaraindonesia.co.id)

SUARAINDONESIA.co.id – Perayaan Imlek tinggal beberapa hari lagi. Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi, hampir selesai melakukan segala persiapan jelang perayaan tahun baru China tersebut.

Mulai dari pemasangan lampion atau pernak pernik, lantai hingga ornamen di dalam Klenteng dibersihkan jelang perayaan Imlek.

Sekretaris Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hoo Tong Bio, Alexander Martin mengatakan, kegiatan bersih-bersih Klenteng sudah berlangsung sejak sepekan yang lalu.

“Dan masih berlanjut sampai hari ini. Mulai dari membersihkan Rupang Arca Dewa Dewi, Altar Yang Mulia Kongco Tan Hu Cin Jin. Baju dewa-dewa termasuk lampion sudah kita ganti yang baru,” ucapnya, Sabtu (29/1/2022).

Alex menuturkan, Klenteng dibersihkan untuk memberikan kenyamanan kepada jemaat yang beribadah saat perayaan Imlek nanti.

“Peribadatan nanti kita lakukan pada Senin (31/1/2022) malam, untuk menyambut datangnya Tahun Macan Air,” ungkap Alex sapaan akrabnya.

Dia menjelaskan, peribadatan malam Imlek tahun ini dimajukan mulai pukul 19.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Dikarenakan kondisi masih pandemi Covid-19.

“Biasanya kita sembahyang bersama pukul 23.00 WIB, dengan acuan selisih satu jam dengan jam Tiongkok pukul 00.00 WIB. Khusus untuk besok dimajukan pukul 21.00 WIB, supaya tidak terlalu malam, karena masih pandemi,” terangnya.

Alex menyebut, perayaan Imlek tahun ini tidak digelar pertunjukan tradisi Barongsai dan Leang Leong, karena dikawatirkan mengundang krumunan.

“Nantinya tetap ada tradisi Barongsai dan Leang Leong. Namun bukan semacam pertunjukan, cukup sekedar tradisi menyambut Imlek. Jadi nanti Barongsai dan Leang Leong main satu jam, terus tepat pukul 21.00 WIB, kita sembahyang bersama menyambut Tahun Macan Air,” tuturnya.

Selain itu, masih Alex, jemaat yang nantinya mengikuti ibadah Imlex di Klenteng Hoo Tong Bio juga dibatasi. Dimana sebelum pandemi bisa sampai 100 orang, tahun ini, kata dia, kemungkinan hanya 50-60 orang.

“Kita juga tidak menyebar undangan, cuma woro-woro di beberapa grup aja, paling bayak mungkin 50-60 umat kita yang datang, itupun menggunakan protokol kesehatan secara ketat,” bebernya.

Pihaknya berharapan Tahun Macan Air dalam perayaan Imlek tahun 2022 ini, semua dapat berjalan lancar.

“Terpenting pandemi cepat berlalu, kita semua diberi kesehatan, kemakmuran, dan kesejahteraan sepanjang tahunnya,” pungkas Alex.

Sumber : https://suaraindonesia.co.id/news/peristiwa-daerah/61f52c2357dca/klenteng-hoo-tong-bio-banyuwangi-bersolek-jelang-perayaan-imlek-2022

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE