Komponen PG mulai Dirangkai

0
618

GLENMORE – Pengerjaan Pabrik Gula Terpadu Glenmore (PGTG) yang berlokasi di lahan PTPN XII Kebun Kalirejo, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, mulai terlihat wujudnya. Rangkaian komponen mesin pabrik berbentuk silinder berukuran besar sudah mulai terpasang di lokasi pabrik gula yang konon terbesar di Asia Tenggara itu.

Dua barak dan gudang hampir selesai pengerjaannya. Wisnu Prasetyo, 35, salah satu supervisor Weltes, perusahaan yang menangani perakitan komponen pabrik, mengatakan saat ini beberapa komponen mesin proses pembuatan gula mulai dipasang.

Kita juga merangkai komponen ke housing (dudukan) yang telah disiapkan,” katanya. Menurut Wisnu, komponen pembangunan PGTG di lahan seluas 102,4 hektare itu belum datang semua. Hingga kini pengiriman masih terus berlangsung. “Yang sudah datang, langsung kita rangkai,” ungkapnya.

Pengerjaan proyek PGTG itu, Wisnu mengaku tidak mengalami kendala. Hanya saja, dirinya mengkhawatirkan kondisi kesehatan para pekerja yang tinggal di barak. “Saya malah khawatir para karyawan terserang penyakit, seperti demam berdarah,” cetusnya.  Kekhawatiran itu, lanjut dia, karena kondisi barak dinilai berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Saat ini di pabrik gula itu ada 150 pekerja dan tinggal di satu barak. “Barak kesannya kumuh. Namanya juga orang banyak,” terangnya. Mengantisipasi serangan penyakit, Wisnu akan menyampaikan kepada PT. Industri Gula Glenmore (IGG) agar mengupayakan  fogging di sekitar barak para pekerja. “Kita perlu fogging,” jelasnya. (radar)