Larung Kepala Kerbau Putih

0
415
TRADISI LAMA: Kepala kerbau putih diarak sebelum dilarung di Selat Bali pagi kemarin .

BANYUWANGI – Ribuan warga menyaksikan prosesi pelarungan kepala kerbau putih dalam ritual petik laut di Pantai Boom, Banyuwangi, pagi kemarin (8/4). Menyemutnya warga di sekitar pelabuhan rakyat tersebut sempat merepotkan barisan para pembawa sesaji yang akan naik ke kapal.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Tolong semuanya minggir dulu,” teriak sejumlah panitia pada pengunjung yang berjubel di sekitar kapal pengangkut sesaji. Sekitar pukul 09.25, kapal bermuatan sesaji yang berisi kepala kerbau putih, jeroan, dan kaki kerbau itu mulai bergerak. Kapal itu berlayar ke tengah laut di sekitar kawasan Selat Bali.

“Sesaji akan kita larung di sekitar Selat Bali,” ujar panitia pelaksana, Bambang Purwanto. Keberangkatan kapal bermuatan sesaji itu diiringi ratusan perahu dan kapal milik nelayan setempat. Tak sedikit pula kapal yang melaju di depan kapal sesaji tersebut.

“Kapal para nelayan itu ingin mendekati kapal yang membawa sesaji,” terang Bambang. Untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama berada di laut, petugas keamanan dari Polisi Air dan dari TNI Angkatan Laut terlihat sibuk mengatur lalu lintas perairan Selat Bali.

Aparat terus mengawal iring-iringan kapal itu dengan menggunakan perahu karet, kapal patroli, dan speedboat. Iring-iringan kapal pembawa sesaji dan kapal nelayan yang dipenuhi aksesori itu menjadi tontonan para pengunjung. Mereka juga menikmati aksi petugas keamanan yang bermanuver dengan speedboat dan perahu karet.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last