Lingkungan Hidup Bukan Warisan tapi Titipan

0
329
Loading...

Sebetulnya, gagasan tersebut perlu dimasukkan ke dalam substansi hukum, mengingat pendidikan merupakan jembatan negara dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Upaya penyelamatan lingkungan sangat diperlukan untuk generasi sekarang dan generasi mendatang. Limbah atau sampah bisa diolah menjadi hal yang berguna bagi masyarakat. Bahkan, jika dikelola secara baik maka pengolahan sampah bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan kesehatan lingkungan.

Masalah lingkungan hidup tidak hanya berhubungan dengan gejala-gejala perubahan alam yang sifatnya evolusioner, tapi juga menyangkut pencemaran yang ditimbulkan limbah industri dan limbah keluarga. Lingkungan hidup bukanlah warisan para pendahulu, tapi titipan untuk generasi masa depan. Oleh karena itu, setiap kegiatan pembangunan harus selalu memberi kesempatan kepada generasi mendatang agar mampu memenuhi kebutuhannya.

Oleh sebab itu, pendidikan yang berbasis lingkungan hidup perlu diberikan kepada anak sejak dini. Dengan demikian, upaya-upaya pelestarian lingkungan dari generasi ke generasi tetap dapat berlang- sung dengan baik. Hal itu sangat penting mengingat kelestarian lingkungan hidup bersentuhan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Upaya menjaganya secara berkesinambungan merupakan langkah yang memang harus dilakukan dalam mencegah berbagai persoalan lingkungan, termasuk bencana alam.

Pada dasarnya, peran pemerin- tah daerah dalam sistem otonomi daerah dapat menjadi jawaban atas kecemasan kita. Dengan sikap pro-aktif pemerintahan daerah, maka cita-cita pelestarian lingkungan hidup di Indonesia akan dapat terwujud melalui perda tentang pendidikan lingkungan hidup sejak dini. Itu sebagai upaya yang bersifat pencegahan (preventif) demi anak cucu kita nanti.

Sungguh bahagia rasanya apabila DPRD bersama bupati Banyuwangi mewujudkan gagasan yang terlupakan ini dalam sebuah tindakan tegas dan jelas, yaitu berupa sebuah perda. Jika harapan ini terwujud, maka Banyuwangi akan menjadi mercusuar secara luas dalam proses-proses pengambilan dan implementasi keputusan terkait kepedulian tehadap masa depan lingkungan hidup di Indonesia. Kita tunggu. *) Aktivis Nahdlatul Ulama. @radar

Lanjutkan Membaca : First | ← Previous | 1 |2 | 3 | Next → | Last