Mencatut Jokowi, Menipu Rp 50 Juta

0
333
BERUBAN: Pairin diamankan di Mapolres Banyuwangi kemarin.
BERUBAN: Pairin diamankan di Mapolres Banyuwangi kemarin.

BANYUWANGI – Ada-ada saja ulah kakek yang satu ini. Garagara kebelet foya-foya, Pairin, 57, warga Dusun Kutorejo, Desa Kalipahit, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, nekat menipu kerabatnya sendiri. Laki-laki yang rambutnya sudah beruban itu rupanya jeli memanfaatkan situasi. Di tengah hiruk-pikuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta beberapa waktu lalu, Pairin mengaku sebagai anggota tim spiritual calon gubernur (cagub) Joko Widodo (Jokowi).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Modus tersebut ternyata cukup ampuh. Buktinya, dia sukses menggondol uang tunai sebesar Rp 50 juta rupiah. Informasi yang dikumpulkan wartawan koran ini menyebutkan, kasus penipuan tersebut terjadi sekitar Agustus 2012 Kala itu, Pairin mendatangi rumah keponakannya, yakni Wi narto, 40, warga Desa Jajag, Kecamatan Gambiran. Sesampai di rumah sang keponakan, Pairin mulai menjalankan niat busuknya.

Dengan berlagak ahli spiritual kelas kakap, Pairin langsung mengeluarkan jurus. Kepada Winarto, dia mengaku sebagai anggota tim spiritual Jokowi. Untuk menunjang “penyamarannya”, Pairin mengenakan baju safari layaknya orang-orang yang hidup di lingkungan pemerintahan. Tidak hanya itu, untuk lebih meyakinkan calon korban, Pairin juga menunjukkan sebotol minyak wangi yang biasa di gunakan para ulama. Setelah korban yakin, Pairin pun benar-benar menjalankan rencana jahatnya.

Di hadapan Winarto, Pairin mengaku membutuhkan uang untuk membeli beberapa pe ralatan spiritual yang akan dia gunakan demi pemenangan Jokowi. Kedok yang digunakan Pairin ternyata benar-benar ampuh memperdaya Winarto. Lan taran saat itu sedang tidak memiliki uang tunai, Winarto yang memiliki bengkel AC mobil itu mau menjual satu set sound system miliknya dan menyerahkan uang hasil pen ju alan peranti pengeras suara itu sebesar Rp 50 juta kepada Pairin.

Loading...

Rupanya, penjualan sound system tersebut dilakukan Winarto karena iming-iming manis Pairin. Bagaimana tidak, Pairin berjanji akan mengganti sound system tersebut dengan peranti serupa yang kualitasnya lebih baik. Iming-iming menggiurkan lain, Pairin berjanji akan membelikan Winarto satu unit mo bil Toyota Avanza plus merenovasi bengkel AC mobil milik ke ponakannya tersebut jika Jokowi berhasil menduduki jabatan sebagai Gubernur DKI Ja karta.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2