Musim Penghujan, Tanaman Semangka Diserang Jamur

0
575
Yoyok Susilo memperlihatkan tanaman semangkanya yang diserang jamur di Dusun Sukosari, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar.

MUNCAR – Hujan yang hampir tiap hari turun, membuat petani semangka kelimpungan. Mereka kini terancam bangkrut karena tanaman semangkanya itu banyak yang rusak akibat serangan jamur downy mildw.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Jamur jenis ini memang sering menyerang tanaman semangka setiap musim hujan. Selain merusak tanaman, jamur itu juga bisa merusak buah semangka. “Jamur ini sangat merusak, bukan hanya daunnya, tapi juga buahnya,” terang Yoyok Susilo, 42, warga Dusun Sukosari, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar.

Menurut Yoyok, jamur jenis downy mildw ini termasuk yang ditakuti petani. Bila sudah menyerang, tanamannya sering rusak. “Kalau sudah kena serangan jamur ini, alamat kita akan rugi besar,” ungkapnya.

Jamur jenis ini, masih kata dia, termasuk hama yang kebal. Meski sudah disemprot tapi tidak akan mati. Sampai saat ini, belum ada solusi untuk  mengatasinya. “Pakai obat ini dan itu tetap saja, jamuir jenis ini kebal,” katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan, Agus Rediyanto, 53. Petani asal Desa Tembokrejo, itu mengaku tanaman semangka miliknya juga banyak diserang jamur tersebut. Bahkan, sudah beberapa kali dilakukan penyemprotan, jamur masih menyerang. “Sudah saya semprot, tapi jamur masih saja menyebar dan menyerang tanaman,” ungkapnya.

Menurut Agus, semua tanaman semangka miliknya yang diserang jamur, tidak ada yang bisa diselamatkan. “Jamurnya sudah menyebar kemana-mana, bahkan daun-daunnya sudah rontok semua,” ujarnya pada Jawa Pos Radar Genteng.

Untuk hama jamur ini, Agus menyebut masih belum ada obat yang pasti. “Obat yang katanya paling bagus, tetap tidak mempan. Kalau ada obat meski mahal, saya akan beli,” ujarnya.(radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :