Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Omzet Pelaku Kuliner Ikan Kampung Mandar Banyuwangi Melejit di Ramadan 2023

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

NASKAH IDKampung Mandar di Banyuwangi telah menjadi sentra kuliner seafood yang populer dan menjadi tuan rumah dari Banyuwangi Fish Market selama dua tahun berturut-turut.

Ini merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi karena memberikan sinyal positif peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pengurus Pokdarwis Kampung Mandar, Hilman Syah Anwar, mengungkapkan bahwa Pokdarwis ini berhasil membangun kawasan usaha bagi masyarakat dalam bentuk kawasan kuliner hasil laut.

Baca Juga: Ramen Es Krim Jadi Bisnis Kuliner Aneh Menguntungkan! Gimana Kalau Diganti Bakso atau Mie Ayam?

Pokdarwis Mandar terus berinovasi dan melakukan pengembangan produk seni dan olahan untuk menjadikan Kampung Mandar sebagai destinasi wisata andalan di Banyuwangi.

Sentra kuliner ini mendorong peningkatan pendapatan usaha masyarakat sekitar sekitar 20 juta rupiah per bulan. Keberadaan Kampung Mandar bahkan turut mengundang efek domino pembangunan warung serupa di sekitar Mandar Fish Market hingga total mencapai 40 kios.

“Alhamdulillah Ramadan ini meningkat dari biasanya. Hari biasa pengunjung sekitar 500an perbulan, sementara saat Ramadan per hari saja mencapai 40an yang tentunya omset naik hingga 2 kali lipat,” kata Hilman.

Keberadaan PLN Peduli sejak tahun 2022 bahkan turut memajukan ekonomi masyarakat Kampung Mandar. Dukungan penuh dari pemerintah membuat Kampung Mandar semakin maju dan semakin menarik bagi wisatawan Banyuwangi.

Baca Juga: Ide Takjil Ramadhan: Resep Tempe Mendoan Anti Gagal, Gurihnya Ciamik Pasti Nagih!

Hamzah, Senior Manager Komunikasi dan Umum, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur, mengharapkan agar Kampung Mandar terus berkembang menjadi kawasan yang wajib dikunjungi oleh wisatawan.

Hal ini juga sejalan dengan komitmen PLN untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar dalam menciptakan kehidupan yang layak serta mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Kami bersyukur, kehadiran PLN tidak hanya mendorong peningkatan ekonomi namun menekankan bagaimana tenaga listrik mampu turut memberikan sumbangsih dalam mendorong produktivitas dan pengembangan wisata. Semoga terus tumbuh dan membawa manfaat bagi masyarakat. Terlebih adanya dukungan penuh dari pemerintah,” terang Senior Manager Komunikasi dan Umum, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Hamzah Senin (10/4/2023).

source