Pembangkit Mikro Hidro sudah Berfungsi

  • Bagikan

pembangkitSONGGON – Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Afdeling Lider, Perkebunan Bayu kidul, wiayah Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi yang ambrol Kamis lalu (12/3) akhirnya bisa berfungsi kembali kemarin (30/3).

Warga di dua dusun di lereng Gunung Raung itu mulai kemarin sudah bisa menikmati fasilitas pembangkit listrik tenaga mikron hidro (PLTMH) bantuan Kementrian ESDM senilai Rp 1,85 miliar itu. “Syukur listrik kami sekarang sudah terang kembali,” ujar Sulistiyono, 50, salah satu warga Dusun Lider, Desa Sumberarum.

Sejak proyek itu ambrol untuk kali kedua pada Kamis (12/3), pihak pelaksana proyek langsung melakukan perbaikan. Perbaikan dipusatkan pada titik saluran yang air yang ambrol dan dipasangi penahan berupa besi cor.

“Syukur bisa lebih cepat dari jadwal yang awalnya sebulan,” tuturnya. Pantauan jawa Pos Radar Genteng, saluran air yang ambrol kembali dialiri air, turbin mikro hidro juga telah dioperasikan. Bangunan penahan saluran air mirip plengsengan yang semula ditutup terpal terlihat sudah kembali dibuka.

Tujuh titik rawan longsor juga dipasangi penahan yang sama sebagai langkah antisipasi. Seperti diberitakan berita ini sebelumnya, proyek PLTMH yang baru selesai dibangun dan sudah beroperasi selama dua pekan itu tiba-tiba ambrol.

Bagian proyek yang ambrol itu sudah dua kali ambrol. Bangunan itu ambrol pertama pada 6 Februari 2015. Saat itu anak tangga dan penyangga bendungan PLTMH yang telah menghabiskan dana sebasar Rp 1,85 miliar itu ambrol.

Baru dua pekan diperbaiki, ternyata proyek milik Kementerian ESDM RI itu ambrol lagi. Kali ini yang ambrol bagian saluran air. “Semoga setelah ini dan seterusnya tidak ada kendala lagi, dan bisa terus beroperasi,” harap Yadi,47, salah seorang warga Dusun Bojong, Desa Sumberarum. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: