Pembangunan Pasar BWI Ditunda

0
178

BANYUWANGI – Rencana Pemkab Banyuwangi membongkar Pasar Banyuwangi tahun 2015 tampaknya akan tertunda. Rencana itu ditunda karena pemerintah daerah belum mendapat kepastian dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015. Kepala Dinas Pendapatan (Dispemda), Soedirman mengatakan, rencana pembangunan Pasar Banyuwangi akan tetap dilakukan. Hanya, pemerintah daerah belum bisa menentukan waktu pelaksanaan pembangunan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Kami masih harus mencari dana untuk melaksanakan pembangunan itu,” ujar Soedirman kemarin (2/10). Soedirman mengungkapkan, hasil perhitungan konsultan, pembangunan pasar itu akan menelan dana sekitar Rp 50 miliar Anggaran Rp 50 miliar itu hanya untuk pasar blok selatan. Biaya bangunan pasar seluas 7.550 meter tersebut ditaksir sekitar Rp 4 juta setiap meter. Belum lagi bila pasar di jadikan tiga lantai, tinggal kali kan saja,” ungkap Soedirman. 

Loading...

Rencananya, pasar blok selatan dan utara akan dijadikan satu di pasar blok selatan. Dana Rp 50 miliar itu belum tersedia dl Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Kata Soedirman, saat ini pemerintah daerah sedang kerja keras melakukan lobi dengan anggota DPR RI agar mendapat jatah APBN pembangunan pasar. Tim pemerintah daerah sudah bertemu anggota DPR RI yang berangkat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banyuwangi.

Selain karena faktor anggaran, tambah Soedirman, penundaan pembangunan Pasar Banyuwangi pada tahun 2015 karena kegiatan daerah padat. Pada tahun 2015 akan digelar beberapa kegiatan tingkat provinsi di Banyuwangi, seperti Porpov, pemilihan bupati, MTQ. Jambore Pramuka, dan beberapa kegiatan lain, seperti yang disampaikan bupati, mengubah wajah Pasar Banyuwangi berarti mengubah wajah Kota Banyuwangi,” tandasnya. (radar)

Loading...