Pendidik BWI Ikut Lomba Guru Berprestasi

0
538

BANYUWANGI—Sejumlah guru, kepala sekolah dan pengawas di lingkungan Dinas Pendidikan Banyuwangi bersiap menjalani lomba pemilihan guru,  kepala sekolah dan pengawas berprestasi. Sebelum berangkat ke Surabaya, mereka sowan ke Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Drs Sulihtiyono pada Rabu (3/6) kemarin. Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Drs Sulihtiyono mengataka selamat kepada peserta yang terpilih untuk mewakili Banyuwangi ke tingkat Jatim.

Bisa bertanding  ke tingkat Jatim adalah sebuah kebanggaan tersendiri, dengan begitu saat lomba berlangsung akan banyak ilmu yang didapatkan dari peserta lain. “Dengan begitu apa yang baik bisa diadopsi untuk kepentingan kemajuan pendidikan di Banyuwangi, banyak ruang untuk diskusi dengan peserta dari kabupaten lain,” kata Sulihtiyono kemarin.

Dikatakan, dalam lomba itu mensyaratkan banyak hal, di antaranya syarat akademik dan administrasi (portofolio), syarat kompetensi yang diukur dengan tes tulis yang berupa pilihan ganda, uraian (kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, manajerial, supervisi, dan tes psikologi), dan syarat pengembangan (karya ilmiah-inovatif ) yang diukur dengan presentasi.

“Belum lagi  tes wawancara substantif dan bahasa Inggris, dan observasi selama pelaksanaan  lomba dan observasi lingkungan. Nah  semua materi ini harus dikuasai  dengan baik agar bisa tampil sebagai juara,” ujarnya. (radar)