Pengawas Berwenang untuk Menggeledah

0
281

Unas Dimulai Serentak Pagi Ini


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Sebanyak 12.891 orang siswa kelas III SMA, SMK, dan MA, pagi ini akan melaksanakan ujian nasional (unas) hari pertama tahun 2012. Pada hari pertama, peserta unas dari semua program akan menghadapi soal mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Pelaksanaan unas secara serentak akan dimulai pada pukul 08.00 dan akan berakhir pada pukul 10.00. Untuk menuntaskan puluhan item soal, peserta unas diberikan alokasi waktu selama dua jam untuk merampungkan jawaban. Mulai jam 06.00, panitia penyelenggara unas di masing-masing sekolah sudah bisa mengambil soal di gudang Mapolsek.

Pengambilan naskah soal itu, harus mendapat pengawalan dari aparat kepolisian. Pengawalan itu diperlukan guna mengantisipasi adanya kebocoran soal dan kemungkinan adanya sabotase pelaksanaan unas. “Sebelum jam 08.00, pelaksanaan unas tidak boleh di mulai. Panitia penyelenggara harus konsisten dengan jadwal,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Banyuwangi, Sulihtiyono.

Sebelum pelaksanaan unas di mulai, ungkap Sulihtiyono, seluruh pengawas harus bisa memastikan ruang kelas steril dari barang-barang yang dilarang. Salah satu larangan bagi peserta Unas, membawa alat komunikasi dalam bentuk apa pun untuk masuk dalam ruangan ujian. Karena itu, Sulihtiyono meminta semua pengawas untuk memastikan peserta Unas tidak membawa masuk barang yang dilarang sesuai tatib.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2