Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Penumpang di Bandara Banyuwangi Meningkat 5% Imbas Penghapusan Syarat Tes COVID-19 Bagi Perjalanan Domestik

Suasana Bandara Internasional Banyuwangi, Jawa Timur. [SuaraJatim.ID/Achmad Hafid Nurhabibi]

Mulai Selasa 8 Maret 2022, pemerintah resmi menghapus syarat tes COVID-19, baik Antigen maupun PCR bagi perjalanan domestik darat, laut, hingga udara.

Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Nomor 11 Tahun 2022 yaitu tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19.

Sejak diterapkan, penumpang pesawat di Bandara Internasional Banyuwangi pada hari pertama langsung meningkat sebanyak 5%.

Indrawansyah selaku Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Banyuwangi mengatakan, sejak diberlakukan Surat Edaran Satuan Tugas COVID-19 Nomor 11 tahun 2022, perubahan penerbangan mengalami perubahan yang cukup signifikan, termasuk persyaratan tes Antigen maupun polymerase chain reaction (PCR) yang sudah tidak berlaku bagi masyarakat yang sudah mengikuti vaksinasi dosis dua hingga booster, akantetapi bagi yang masih mengikuti dosis satu tetap wajib mengikuti tes COVID-19, yakni sesuai ketentuan masing-masing.

“Dan mulai hari ini saja, penerbangan kami kini sudah mulai meningkat, dengan harapan nanti dengan hal ini airline pun akan menambah penerbangan,” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Banyuwangi, Indrawansyah, Rabu 9 Maret 2022.

Indrawansyah menyebut, sejumlah flight juga sempat terisi penuh dan hampir mendekati 100 %.

Tak hanya itu, Indrawansyah juga berharap seluruh flight yang selama ini sudah ada di Bandara Banyuwangi untuk bisa terisi kembali setelah diberlakukan Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 tersebut.

“Semoga kedepannya airline-airline yang sebelumnya slotnya ada di Bandara Banyuwangi ini, akan mengisi kembali slot-slot yang sudah tersedia dan mengisi kembali penerbangan,” harap Indrawansyah.

Sementara itu, perjalanan domestik laut melalui Pelabuhan Ketapang belum meningkat dan diperkirakan akan mulai meningkat dalam seminggu kedepan.

“Kemungkinan dalam seminggu kedepan mulai ada peningkatan penumpang,” kata Marsadik, Manager PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE