Perajin Batik Back to Nature

0
1347

Bupati-Abdullah-Azwar-Anas-mengunjungi-lokasi-bimtek-batik-di-Sanggar-Batik-Sekar-Bakung,-Kecamatan-Glagah-kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Tren back to nature yang digandrungi masyarakat global ditangkap dengan baik para pelaku-pelaku usaha batik  di Banyuwangi. Demi meraup prospek yang  sangat cerah tersebut, para perajin batik kini mulai intens memanfaatkan pewarna alam untuk diaplikasikan pada batik karya mereka.

Beragam jenis tanaman yang dapat  dimanfaatkan sebagai pewarna alam mudah didapat di Banyuwangi. Beberapa bahan  pewarna alam yang cukup mudah didapat  antara lain daun krangkong (sejenis kangkung), dan daun lamtoro. Ada juga daun mangga, daun jati, kulit kopi, daun ketepeng,  putri malu, dan kumis kucing.

Untuk semakin memperkaya penggunaan pewarna alam dan memperbanyak kreasi motif batik, Pemkab Banyuwangi bersama Kementerian Perindustrian  (Kemenperin) RI menggeber bimbingan teknis bagi para perajin  batik.

Desainer kenamaan, Merdi Sihombing, dilibatkan untuk melatih para perajin batik yang  didominasi pelaku industri kecil dan menengah (IKM) tersebut. Bupati Abdullah Azwar Anas pun menyempatkan diri mengunjungi  lokasi bimtek, yakni di  Sanggar Batik Sekar Bakung, Kecamatan Glagah, kemarin  (24/8).

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Areal Pasar Hewan di Glenmore Dilalap Si Jago Merah