Petilasan Syeh Siti Jenar Dipugar

0
148

petilasan-syeh-siti-jenar-dipugar

SINGOJURUH – Situs Lastono atau dikenal petilasan Syeh Siti  Jenar di Dusun Sukorejo, Desa  Lemah bangkulon, Kecamatan  Singojuruh dipugar untuk direnovasi kemarin (29/11). Pemugaran  peninggalan penyebar agama Islam di Jawa itu cukup mengganggu  para peziarah yang datang.

Juru Kunci Situs Lastono, Turin, 54, mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih pada Pemkab Banyuwangi yang peduli dengan keberadaan situs di Banyuwangi. Salah  satunya dengan merenovasi petilasan Syeh Siti Jenar ini. Hanya saja, perbaikan situs itu cukup mengganggu  para peziarah yang datang.

“Menganggu, tapi para peziarah bisa memahami ada renovasi,” katanya.  Pengerjaan peningkatan sarana Situs Lastono itu  dibiayai oleh APBD Banyuwangi 2016 dengan total  anggaran Rp 98 juta. Dengan anggaran itu, perbaikan  pada bagian atap yang menggunakan konstruksi rangka baja ringan. Sebelumnya, bagian atap terbuat dari bambu dengan beratap welit (anyaman daun  kelapa kering).

“Jika hujan turun pasti bocor, makanya saya sangat bersyukur bisa diperbaiki,” ungkapnya. Dia berharap pengerjaan perbaikan pesarehan  itu bisa segera rampung. Apalagi, saat ini hujan  masih sering turun dengan deras. “Sementara ini  para peziarah tidak bisa masuk ke situs, hanya menunggu di luar saja,” katanya. (radar)

Loading...