Proyek Fisik Tak Tuntas, CV Hutama Karya Kena Blacklist

0
1713

Karena itu, Pemkab Banyuwangi, melalui Dinas PU-CKPR memasukan CV Hutama Karya ke dalam daftar hitam. SK pencantuman ke dalam daftar hitam tersebut dikeluarkan tanggal 11 Oktober lalu.

Konsekuensinya, CV Hutama Karya tidak bisa mengikuti kegiatan pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemkab Banyuwangi pekerjaan yang jadi tanggung jawabnya, perusahaan tersebut harus merelakan uang jaminan pelaksanaan empat proyek tersebut, yakni sekitar Rp 67,5, juta dicairkan oleh Pemkab Banyuwangi.

“Jaminan pelaksanaan sebesar lima persen dari nilai kontrak dicairkan oleh pemkab dan menjadi pendapatan asli daerah (PAD) Banyuwangi,” papar Mujiono. Belum berhenti sampai di situ, setelah memasukkan CV Hutama Karya dalam daftar hitam di internal Pemkab Banyuwangi, Mujinno mengaku pihaknya juga telah mengirim surat kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di untuk menyampaikan daftar hitam.

“Sehingga CV Hutama Karya masuk daftar hitam nasional dan dimuat di portal nasional. Akibatnya, perusahaan tersebut tidak bisa mengikuti kegiatan pengadaan barang/jasa secara nasional. Juga tidak bisa memasukkan penawaran lelang proyek di seluruh lndonesia,” ujar Mujiono.

Disisi lain, agar kegagalan pelaksanaan proyek tidak merugikan masyarakat, Dinas PU- CKPR langsung berkoordinasi dengan Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa (ULP) Pemkab Banyuwangi guna melakukan tender ulang.

Lanjutkan Membaca : First | ← Previous | 1 |2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Polresta Banyuwangi Kukuhkan Tiga Satgas Baru