Resmi Dilantik, Kades Ditantang Wujudkan Desa Sehat

0
727
Puluhan kepala desa se-Banyuwangi dilantik Bupati Abdullah Azwar Anas di Pencapa Shaba Swagata Blambangan kemarin.
Puluhan kepala desa se-Banyuwangi dilantik Bupati Abdullah Azwar Anas di Pencapa Shaba Swagata Blambangan kemarin.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas “menantang” 51 kepala desa (kades) yang dilantik kemarin (11/12) untuk mewujudkan desa sehat. Kades diminta berperan aktif mengampanyekan budaya hidup sehat di wilayah masing-masing.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Menurut Anas, selama ini pemerintah lebih berfokus pada penanganan orang sakit, sedangkan pengelolaan orang sehat tidak optimal. Padahal, kunci pengelolaan kesehatan adalah pada peningkatan gaya hidup sehat.

“Itulah yang disebut paradigma sehat. Kepala desa harus mulai mengajak warganya memiliki gaya hidup sehat,” ujarnya saat melantik 51 kepala desa terpilih di Pendapa Shaba Swagata Blambangan, Banyuwangi.

Loading...

Dikatakan, setiap kades memiliki sejumlah target kinerja yang harus dicapai. Namun yang menjadi prioritas utama saat ini adalah membuat program desa sehat.  Salah satu caranya dengan menjadikan puskesmas menjadi mal pelayanan kesehatan.

Anas menambahkan, puskesmas juga harus menyediakan ruang khusus konsultasi kesehatan, mulai konsultasi gizi, sanitasi, hingga mengingatkan pentingnya olah raga. Sehingga masyarakat yang datang ke puskesmas bukan hanya untuk berobat, tapi konsultasi kesehatan.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2