Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Rowo Bayu, Tempat Wisata di Banyuwangi yang Dikaitkan dengan Kisah ‘KKN di Desa Penari’

Foto: arahjatim
Foto: arahjatim

BANYUWANGI – Kisah ‘KKN di Desa Penari’ sempat viral di dunia maya. Bahkan kisah horor yang ditulis oleh akun [email protected] di twitter, juga sempat menjadi trending hingga beberapa hari.

Dilansir dari arahjatimcom, terdapat dua sudut pandang dan cerita berbeda pada kisah ‘KKN di Desa Penari’ yang viral, yakni kisah dari si Widya dan kisah dari narasumber Nur.

Singkat cerita, kisah yang ditulis secara gamblang oleh si akun anonim tersebut mengisahkan pengalaman horor dari kedua narasumber saat melakukan KKN di desa yang disebutnya desa penari pada tahun 2009 lalu.

Penulis sengaja tidak menyebutkan secara detail nama desa dengan alasan untuk menjaga privasi dari si narasumber. Penulis hanya menyebutkan desa penari ada di sebuah kabupaten di ujung timur pulau Jawa yang bernisial “B”.

Ada dua kabupaten yang dicurigai netizen sebagai tempat di mana kisah KKN horor tersebut terjadi. Yakni di Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.

Banyuwangi dipercaya netizen sebagai tempat di mana kisah tersebut terjadi, karena kabupaten Banyuwangi memang terletak di ujung timur pulau Jawa.

Sebuah foto yang dicantumkan penulis dalam artikel berupa petilasan juga memang benar ada di Kabupaten Banyuwangi, terletak di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, masuk kawasan wana wisata alam Rowo Bayu.

Netizen banyak yang mengkait-kaitkan bahwa Rowo Bayu adalah bagian dari cerita horor.

Meski penulis cerita telah mengklarifikasi pada akun youtube Raditya Dika bahwa foto petilasan di Rowo Bayu dalam artikel hanyalah ilustrasi. Namun netizen terlanjur percaya tempat tersebut adalah tempat sesungguhnya dalam kisah KKN di Desa Penari.