Ruwatan Desa Berebut Tumpeng

0
671

GLENMORE – Upacara gerebek Suro yang digelar oleh masyarakat desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore  dalam rangka bersih desa, berlangsung  semarak, Sabtu (7/11). Dalam acara ritual itu, ribuan warga tumplek  blek di depan kantor desa yang dibuat  lokasi acara.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bukan hanya warga desa, sejumlah turis asing yang sedang berlibur  ke Kecamatan Glenmore dan Kalibaru, juga datang untuk melihat upacara tradisi itu. “Para turis asing  itu sedang berlibur ke Glenmore, lalu kita undang,” cetus kepala Desa  Sumbergondo, Norman.

Gerebek Suro untuk ruwatan desa yang digelar masyarakat Desa Sumbergondo, dimulai pukul 15.00. Dalam upacara itu, warga membuat  tiga tumpeng raksasa yang berisi hasil  bumi. Selain itu, warga juga menyediakan  tumpeng.

Loading...

“Kita sediakan tumpeng raksasa,” terangnya. Dalam upacara itu dilakukan prosesi untuk ruwatan desa. Setelah dilakukan  doa bersama, warga yang hadir berebut tumpeng raksasa. Mereka berharap, dengan mendapatkan  hasil bumi yang ada di tumpeng itu  akan mendapat berkah.

Camat Glenmore, Susanto Wibowo, mengapresiasi kegiatan warga dengan    tumpeng raksasa itu. Apalagi, dalam acara itu mampu mendatangkan  turis asing. “Dengan kedatangan  turis asing itu bisa mengenalkan tradisi warga Glenmore,” katanya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2