Sambut Tahun Baru, Warga Binaan Lapas Banyuwangi Gelar Khataman Al-Qur’an

  • Bagikan
Foto: arahjatimcom

BANYUWANGI – Berbagai cara dilakukan oleh sejumlah masyarakat untuk menyambut serta merayakan perayaan tahun baru 2020. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh warga binaan Lapas Kelas II A Banyuwangi yang memilih khataman Al-Qur’an sebagai cara merayakan pergantian tahun ini.

Dilansir dari arahjatimcom, Kepala Lapas Kelas II A Banyuwangi Ketut Akbar Herry Achjar mengatakan, menjelang pergantian tahun berbagai kegiatan keagamaan digelar di dalam Lapas Banyuwangi.

Untuk warga binaan yang beragama Islam, menggelar kegiatan Khataman Al-Quran di Masjid AT-Taqwa Lapas Kelas II A Banyuwangi. Sedangkan untuk warga binaan yang beragama lain, juga menggelar kegiatan keagamaan lain, yaitu Misa pergantian tahun.

Khataman Al-Quran digelar hingga selepas Salat Isya. Selanjutnya, pembacaan salawat menjelang detik-detik pergantian tahun.

Selain itu juga disediakan daging kambing sebanyak dua ekor untuk makan-makan para warga binaan usai peringatan pergantian tahun.

“Kita berikan kebebasan para warga binaan menggelar kegiatan positif. Seperti Khataman untuk yang muslim dan misa pergantian tahun untuk yang nasrani. Kami siapkan dua (ekor) kambing untuk makan-makan pergantian tahun,” katanya.

Kalapas menambahkan, kegiatan religi sengaja digelar di dalam lapas pada malam pergantian tahun, sekaligus sebagai refleksi akhir tahun.

Diharapkan dengan kegiatan yang positif tersebut akan muncul kesadaran pada warga binaan, agar memperbaiki diri dan lebih baik lagi di tahun depan.

“Diharapkan ini akan memunculkan rasa perbaikan diri bagi warga binaan. Dan ini sudah kita lakukan selama dua tahun berturut-turut,” pungkasnya.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: