Santuni Anak Yatim hingga Pameran Produk

0
114


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

MUNCAR- Puncak HUT XIX Hari Keluarga Nasional yang berlangsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Muncar diisi dengan berbagai kegiatan. Ragam kegiatan di antaranya Tim PKK Banyuwangi menggelar pelayanan KB Perusahaan dan Pelayanan KB perusahaan sebanyak 100 akseptor IUD dan inplant, serta metode operasi pria sebanyak 22 akseptor.

Selain itu, juga digelar bakti sosial berupa santunan yatim piatu sebanyak 50 anak sekaligus pem-bagian sambako bagi lansia juga sebnyak 50 orang. Masih di tempat yang sama, panitia juga menggelar gebyar kader dengan melakukan temu kader PPKBD, kader dan kelompok KB, PKK, serta PIK remaja se-Kabupaten Banyuwangi.

“Kami juga menggelar pameran produk lokal/UPPKS dan kerajinan dari instansi terkait,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Banyuwangi, Hj. Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, S.Psi, kemarin Dani panggilan Ipuk Fiestiandani juga menyebutkan, bahwa sebelum puncak acara HUT XIX kemarin, berbagai kegiatan sudah dilakukan oleh TP PKK Banyuwang, di antaranya, melakukan sosialisasi kegiatan hari keluarga ke XIX melalui media cetak dan elektronik.

Pelayanan KB-PKK serentak mulai tanggal 1 sampai 10 Juli 2012, dengan perkiraan permintaan masyarakat, IUD sebanyak 1434 calon peserta tercapai 468 atau 32,64 persen dan inplant sebanyak 1771 calon peserta tercapai 1360 peserta atau 76,79 persen. “Kami juga menggelar bhakti sosial dengan melakukan donor darah,” sebut perempuan berjilbab itu.

Kegiatan lainnya, lanjut Dani, menggelar lomba PPKD, Kader BKB, PIK-Remaja dengan kateogri terbaik serta perolehan KB inplant, KB baru MKEJ, KB baru semua metode dengan kategori terbanyak dan KB Lestari katetgori 20 tahun, 15 tahun dan 10 tahun. Ada juga seminar kependudukan dan keluarga berencana dengan nara sumber dari tim koalisi kependudukan Jawa Timur serta akademisi Universitas Airlangga Surabaya yang diikuti oleh 150 peserta.

Selain itu, PKK Banyuwangi juga menggelar pameran yang diadakan selama tiga hari sejak tanggal 14 sampai dengan 16 Juli 2012, serta pemutaran film bernuansa KB. “Kami juga melakukan pendayagunaan mobil penerangan dan sepeda motor KB dalam rangka komunikasi informasi edukasi program KB,” pungkasnya, dalam sambutan puncaka acara HUT XIX hari keluarga yang dihadiri oleh 1.500 peserta tersebut.

Sekadar tahu, puncak acara HUT XIX hari keluarga kemarin dihadiri oleh 1.500 orang yang berasal dari unsur BKKBN Provinsi Jatim serta unsur terkait, forum pimpinan daerah, jajaran Pemkab Banyuwangi, DPRD, dinas instansi terkait, tokoh agama dan masyarakat, seta kader PPKB dan sub PPKBD se- Banyuwangi. Tampak pula Deputi Pengen-dalian Penduduk BKKBN Pusat Dr. Wendi Hartanto, MA; Direktur Jalur Khusus BKKBN Pusat Drs. Yamin, M.Si, dan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, DR. Sukesi. (radar)

Loading...