Satpol Air Perketat Pelabuhan Rakyat

0
198


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

ROGOJAMPI-Menjelang pergantian tahun, Satuan Polisi Air (Satpol Air) Polres Banyuwangi meningkatkan kegiatan patroli  untuk pengamanann laut. Patroli  itu tidak hanya dilakukan di sekitar  Pelabuhan Tanjung Wangi dan ASDP  Ketapang, Kecamatan Kalipuro.

Anggota Satpol Air Polres Banyuwangi kini juga mengintensifkan pengawasan di sekitar pelabuhan rakyat. Sedikitnya ada 37 pelabuhan  rakyat yang tersebar dari Kecamatan Pesanggaran hingga Wongsorejo. “Patroli ini kita lakukan dua kali  dalam sehari,” cetus Kasatpol Air Banyuwangi, AKP Subandi.

Loading...

Patroli laut itu, terang dia, untuk mengantisipasi adanya kegiatan yang mengganggu aktivitas di perairan Banyuwangi. Selain itu,  juga sosialisasi keamanan pada  warga dan nelayan. “Kita juga menepi untuk menemui warga dan nelayan,” katanya.

Pada warga dan nelayan yang  di temui, lanjut dia, diminta untuk  ikut mengawasi dan ikut menjaga  keamanan. Jika ada penyewa kapal nelayan yang tidak dikenal apalagi mencurigakan, untuk segera menghubungi petugas kepolisian terdekat. “Kita antisipasi,” ujarnya.

Pengetatan kawasan pelabuhan rakyat itu, terang dia, dilakukan  untuk mengantisipasi pelaku  terorisme yang akan masuk melalui pelabuhan rakyat dengan sasaran Bali. “Kami bersama TNI  AL dan kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas) terlibat melakukan pengawasan pelabuhan rakyat secara bersama-sama,” terangnya.

Selain mengantisipasi aksi terorisme jelang pergantian tahun, Subandi menyebut pengetatan pelabuhan rakyat itu untuk mengantisipasi distribusi barang  ilegal ke Banyuwangi, mulai dari minuman keras (miras), narkoba, serta bentuk kejahatan lainnya.

Dari hasil operasi yang dilakukan Satpol Air Banyuwangi, terungkap pengiriman arak Bali melalui pelabuhan rakyat. “Sebelum ada kejadian, terus akan kami antisipasi dan perketat  kawasan pelabuhan rakyat di Banyuwangi,” katanya. (radar)

Loading...

Baca Juga :