Satpol PP Bergerak, PKL Akan Bertahan

0
462
TAK MAU PINDAH: PKL di Jalan Ahmad Yani akan bertahan meski hari ini harus dikosongkan.

BANYUWANGI – Rencana Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Ahmad Yani tampaknya tidak akan berjalan mulus. Sejumlah pedagang ngotot bertahan meski petugas penertiban akan menggusur mereka.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Para PKL yang menolak itu beralasan belum mendapat tempat baru. Selain itu, Jalan Letjen Sutoyo dan Katamso dianggap sepi. “Jalan Sutoyo dan Katamso sepi. Kalau pindah ke sana, gimana dengan pendapatan kami,” ujar salah satu PKL, Ny. Ariyani. Ariyani mengaku sudah 13 tahun menjadi PKL di Jalan Ahmad Yani, Banyuwangi. Selama ini, pendapatannya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Sehari-hari pendapatan kita hanya sekitar Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu,” ungkap warga Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi. Menurut ibu satu anak tersebut, penghasilan sejumlah itu hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dirinya susah kalau kebutuhan pokok, seperti beras dan minyak, habis. “Suami hanya tukang bangunan, kadang bekerja kadang tidak,” tuturnya.

Loading...

Ariyani termasuk yang paling lama menjadi PKL di Jalan Ahmad Yani. Sampai saat ini, dirinya belum mendapat tempat baru. “Saya akan bertahan di Ahmad Yani, karena teman-teman yang lain juga akan bertahan,” ungkapnya. Sementara itu, Kepala Satpol PP Banyuwangi, Choiril Ustadi Yudawanto menegaskan, mulai hari ini Jalan Ahmad Yani harus bebas dari PKL.

Para PKL diminta segera pindah ke tempat baru di Jalan Letjen Sutoyo dan Jalan Brigjen Katamso. “Mulai besok (hari ini) PKL di Jalan Ahmad Yani akan kita tertibkan,” tegasnya. Setelah penertiban tersebut, masih kata dia, semua PKL tidak diperbolehkan berjualan di Jalan Ahmad Yani, baik siang atau malam. PKL yang berjualan di sekitar sekolah juga akan ditertibkan.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2