Selamatkan Penyu Sisik

0
708

BANYUWANGI – Seekor penyu sisik (Eretmo- chelys imbricata) berusia kurang lebih empat tahun kemarin sore (25/10) ditemukan seorang nelayan di Pantai Solong, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro. Awalnya, nelayan tersebut nyaris menjadikan reptile langka itu sebagai santapan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Beruntung salah seorang warga mengingatkan nelayan tersebut dan berhasil menyelamatkan sang penyu. Kejadiannya bermula ketika Cak Cit salah seorang warga Desa Solong, melihat ada nelayan yang membawa penyu seukuran pelukan orang dewasa.

Melihat penyu yang rupanya hendak disate oleh si nelayan itu, Cak Cit langsung menegur si nelayan. Hingga akhirnya penyu itu berhasil dia amankan dan selanjutnya diserahkan ke salah satu petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Kemudian, hewan yang dipercaya bisa berusia hingga ratusan tahun itu dibawa ke tempat penangkaran milik Banyuwangi Sea Turde Foundation (BSTF).  Di sana si penyu sisik rencananya akan dñawat hingga beberapa lukanya sembuh dan sudah dapat mencari makan sendiri.

Loading...

“Sementara kita rawat, tapi tidak lama, kita memperoleh izin BKS- DA tmtuk merawat hingga penyu  siap dilepas,” ujar Wiyanto Haditanojo, pembina BSTF.  Saat dibawa ke tempatnya oleh petugas BKSDA, seekor penyu tersebut dalam kondisi sedikit stres.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2