Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Seorang Ibu di Banyuwangi, Melahirkan Bayi di Dalam Taksi Online

Perempuan yang melahirkan di taksi online (Foto: seblang.com)

SEBLANG.COM – Seorang sopir taksi online bernama Ahmad Abdul Hadi (52) tak menyangka mendapatkan pengalaman berharga dalam hidupnya. Pasalnya, warga Kelurahan Sobo, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi ini mendapatkan penumpang yang melahirkan di dalam mobil taksi onlinenya, Senin (21/2/2022).

Kepada seblang.com, Hadi sapaan akrab sopir taksi online tersebut menceritakan, awalnya sekitar pukul 08.25 WIB, dia mendapatkan order dari seorang penumpang yang beralamat di perumahan Blambangan Raya.

Setelah sampai di titik penjemputan, tak disangka sudah menanti seorang wanita yang merintih kesakitan hendak melahirkan dengan didampingi suaminya. Mengetahui hal tersebut, dia pun bergegas menyiapkan tempat duduk penumpangnya tersebut.

Namun, ketika melihat penumpang perempuan yang akan mengeluarkan bayinya, Hadi berinisiatif melipat kursi belakang dengan memberikan Alas beserta bantal agar bisa berbaring.

Seorang Ibu Melahirkan Bayi di Dalam Taksi Online di Banyuwangi (Foto: seblang.com)

“Sebelum saya jalankan mobilnya, tak disangka penumpang perempuan mengalami kontraksi hebat . Seketika itulah tiba-tiba sang penumpang perempuan berteriak histeris, dan tak lama kemudian bayinya lahir di dalam mobil saya,” kata Hadi.

Melihat hal tersebut, Hadi dan suami dari sang wanita tersebut panik sembari menghubungi bidan yang telah memberikan instruksi untuk melakukan penanganan darurat.

“Rasanya panik dan haru campur aduk. Ini baru pertama kali memberikan pertolongan kepada orang yang lahiran didalam mobil,” ujar Hadi.

Atas instruksi Bidan tersebut, keduanya memberikan pertolongan pertama kepada sang bayi dan ibunya tersebut. Bayi cantik dengan berat badan 3,6 kilogram tersebut diselimuti handuk lalu dipelukkan ke sang ibu.

“Setelah itu, saya langsung menuju tempat praktik Bidan Ayu Retnita Dewi di jalan KH. Agus Salim Banyuwangi,” ujar Hadi.

Dikonfirmasi seblang.com, hal tersebut dibenarkan Bidan Ayu Retnita Dewi. Sebelum bayi tersebut dilahirkan di dalam mobil taksi online, dirinya sudah dihubungi oleh suami sang ibu bayi, istrinya akan melahirkan dan akan menuju ke tempat praktiknya.

“Tadi saat mau menuju kesini saya dihubungi suami pasien bahwasanya air ketuban istrinya sudah pecah, dan kepala bayi sudah keluar. Jadi saya bimbing sang suami agar tidak panik dan memberikan cara-cara memegang sang bayi dengan benar saat lahir,” kata Bidan Ayu.

Sekitar pukul 08.49 WIB, pasien tersebut tiba ke tempat praktik Bidan Ayu. Lalu dilakukanlah observasi untuk memberikan pertolongan kepada ibu dan sang bayi.

“Saya sudah siap standby di depan. Ketika datang, saya segera menanganinya untuk dilakukan observasi. Ari-ari bayi saya potong saat berada di mobil taksi online. Setelah saya periksa, kondisi ibu dan bayinya sehat semua,” ucap Bidan Ayu.

Bidan Ayu mengaku baru pertama kali ini menangani pasien yang sudah melahirkan bayinya terlebih dahulu. Apalagi dilahirkan di dalam mobil taksi online. Meski begitu, dia bersyukur karena suami sang pasien memahami semua instruksinya yang diberikan, meski hanya melalui sambungan telepon seluler. Sehingga dapat dilakukan pertolongan kepada sang ibu dan bayi.

“Alhamdulillah semuanya selamat dan sehat. Bayinya berjenis kelamin perempuan dengan berat 3,6 kilogram. Sedangkan ibunya berumur 26 tahun. Ini adalah anak keduanya. Setelah 6 jam, ibu dan bayi tersebut, kami perbolehkan pulang,” pungkasnya.

Sumber : https://seblang.com/2022/02/21/seorang-ibu-di-banyuwangi-melahirkan-bayi-di-dalam-taksi-online/

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE