Siswa Lintas Agama Ikuti Jalan Santai Kerukunan

0
86

siswa-dari-berbagai-agama-mengikuti-jalan-santai-menyambut-hari-amal-bakti-kemarin

BANYUWANGI – Kementrian Agama (Kemenag) Banyuwangi mengadakan gerak jalan dan karnaval kerukunan umat beragama tahun 2016 dalam  rangka menyongsong Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag Ke-71 kemarin pagi (3/12).

Kegiatan  gerak jalan santai ini mengusung tema Kebhinekaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  HAB sendiri jatuh tiap 3 Januari  dan merupakan agenda rutin tahunan Kemenag. Kegiatan jalan santai ini di mulai pukul 06.00.

Peserta mulai berjalan kaki start depan kantor Kemenag ke arah selatan sampai lampu merah lalu belok kiri menuju jalan  Kepiting, dilanjutkan ke jalan Brigjen Katamso dan kemudian berakhir di Kemenag lagi.  Peserta yang hadir berasal dari  seluruh staf Kemenag, perwakilan   guru maupun siswa di bawah naungan Kemenag, dan kelompok warga dari empat agama yang  lain.

“Para pegawai Kemenag memimpin rombongan, kemudian disusul rombongan dari  lima agama, dan yang terakhir pasukan siswa dari Raudatul atfal (RA), Madrasah Tsanawiyah  (MTs), dan Madrasah Aliyah (Ma)  yang diundang oleh Kemenag,“ jelas Siti Murohrifa, peserta dari  RA Perwanida Pesanggaran.

Hal tersebut dibenarkan Kepala  Kemenag Banyuwangi, H. Santoso. Santoso mengatakan,  beberapa pemuka agama dari Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu turut menghadiri kegiatan ini.  “Kegiatan ini bertujuan untuk  memelihara silaturahmi dan tali persaudaraan antara warga yang berbeda agama. Sehingga  tole ransi beragama di lingkungan kerja maupun masyarakat tetap terjaga,” jelas pria asal Jember ini.

Acara Hari Amal Bakti ini akan mencapai puncak pada Januari mendatang. ”Kegiatan puncak nanti akan dilaksanakan di Cluring  atau Sidorejo. Masih kami diskusikan,“ tandasnya. (radar)

Loading...