Situs yang Masih Terawat Kendeng lembu

0
949

situsGLENMORE – Situs permukiman neolitik Ken denglembu di Kecamatan Glenmore, Ba nyuwangi, masih terjaga de ngan baik hingga kini. Situs permukiman neolitik itu ter tulis di Kantor Perkebunan Ken denglembu, Kecamatan Glen more, dan pertama kali di laporkan W. Van Wijland dan J. Bruumun pada tahun 1936. Situs tersebut terletak di tengah perkebunan karet di Desa Ka rangharjo, bagian selatan Ke camatan Glenmore.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Itu berada di perbatasan wilayah Ka bupaten Jember dan Banyuwangi. H.R. Van Heekeren memulai eks kavasi secara sistematis pada tahun 1941, tapi dia meng – hen tikan penelitiannya ka rena saat itu Pemerintah Je pang memulai Perang Du nia II di Pasifi k. Kemudian, ar tefak dan catatan harian yang dihasilkan dari penelitian ter sebut di hancurkan pada saat Je pang mendu duki Pulau Jawa. Menurut Heekeren, stratigrafi si tus tersebut masih dapat diamati dengan jelas.

Pada la pisan atas setebal setengah me ter menghasilkan artefak dari masa prasejarah dan uang kepeng, sedangkan lapisan bawah setebal 30 cm me rupakan deposit hunian neo litik dengan temuan berupa be liung persegi yang diupam dan sejumlah besar fragmen tembikar. Artefak lain yang dihasilkan dari lapisan tersebut, antara lain batu giling silindris dengan delapan sisi, pemotong batu, calon beliung, dan fl a kes berukuran besar yang di klasifikasikan sebagai pisau.

(Heekeren, 1972: 173). Untuk melindungi berbagai je nis situs itu, pihak PTPN XII Kendenglembu menempatkan benda bersejarah tersebut dalam tempat khusus, lengkap uru tan sejarah penemuannya. Se mua diletakkan di areal Kantor Perkebunan Ken denglembu, Kecamatan Gle n mo re, dan terawat secara baik  Tak lupa untuk menjelaskan si tus tersebut, pihak per kebunan mencantumkan tulisan yang menjelaskannya.

“Se mua masih terawat baik dan rapi. Saya berharap situs ini menjadi destinasi wisata baru di Banyuwangi, dan mengapresiasi apa yang dilakukan pihak per ke bu nan dalam menjaga dan me rawat situs ini,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat mengunjungi Perkebunan Kendenglembu beberapa waktu lalu.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last