SPBU Batasi Pembelian untuk Roda Empat

0
401

spbuCLURING – Jelang pengumuman kenaikan harga BBM, sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Banyuwangi menerapkan pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM). Sebagaimana yang terjadi di SPBU 54.684.02, Desa/ Kecamatan Cluring, kemarin. Pembatasan pembelian BBM itu berlaku, baik jenis premium maupun solar.

Namun demikian, pembatasan pembelian itu hanya untuk kendaraan roda empat. Pengendara motor diberi kebebasan. Khusus solar, kendaraan roda empat hanya dibatasi pembelian maksimal Rp 150 ribu. Kendaraan roda empat yang mengisi premium dalam setiap kali pembelian dijatah lebih rendah, yaitu Rp 100 ribu. Itu sesuai papan pengumuman yang dipasang di mesin pengisian BBM masing-masing.

Salah satu karyawan, Karwondo, sempat melarang wartawan koran ini mengambil gambar di SPBU tersebut. ‘’Kenapa kok mau difoto,” katanya ketika koran ini mengeluarkan kamera. Menurut dia, kebijakan itu sengaja diambil dalam rangka mengantisipasi banyaknya pembeli. Itu menyusul pengumuman kenaikan BBM. ‘’Seperti di Jawa Pos, pemerintah akan mengumumkan hari ini.

Ya ini untuk antisipasi agar nggak ada gejolak,” katanya. Menurut dia, langkah tersebut agar stok BBM tidak sampai habis. Sebab, BBM bisa lebih cepat habis karena pembeli banyak. ‘’Minta 24 Kiloliter, tapi hanya dikasih 8 KL,’’ sesal petugas yang memakai seragam hitam itu. Pembatasan pembelian BBM itu hanya berlaku untuk kendaraan roda empat Pengendara roda dua sama se kali tidak dibatasi. “Sepeda mo tor bebas,” tegasnya.

Selain itu, SPBU tersebut hanya melayani warga untuk me ngisi BBM di kendaraan. SPBU tersebut tidak me la ya ni pembelian bensin meng gunakan jeriken. ‘’Di sini tidak me layani pembelian jeriken,’’ ungkapnya. Pembatasan tersebut berlang sung selama sehari. Sebe lumnya, pembelian BBM oleh konsumen tidak dibatasi. ‘’Mulai tadi dibatasi. Sampai sekarang, yang beli di sini biasabiasa saja,’’ pungkasnya.

Terkait hal itu, Kapolsek Cluring, AKP Agung Setyabudi meng ungkapkan, apa pun alasannya, SPBU dilarang melakukan pembatasan pembe lian. ‘’Nggak boleh ada pem batasan,’’ ujarnya melalui ponselnya kemarin petang. Polisi sudah menyarankan SPBU tidak menerapkan pem batasan pembelian BBM. ‘’Saya bersama anggota sekarang sedang berjagajaga di SPBU. Mulai tadi, banyak kendaraan yang mengisi full,” terangnya. (radar)