ta Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

0
194

SETELAH melakukan talk show wawasan Kebangsaan dengan para mahasiswa, Kesbanglinmas terus mengampanyekan pentingnya wawasan kebangsaan. Kali ini bertempat di Kampus Stikes Banyuwangi. diskusi yang menghadirkan para rektor Perguruan Tinggi se-Kabupaten Banyuwangi itu menghadirkan narasumber Kepala Kantor Kesbanglinmas, Drs. Abdullah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Beberapa yang hadir di antaranya Rektor Stikes, Drs. H. Soekardjo, Ketua Stikom Chairul Anam, perwakilan Uniba, Universitas Bhakti Indonesia (UBI), AKABA, Askes Rustida,dll. Menurut Abdullah, hingga saat ini wawasan kebangsaan semakin rapuh dan memudar. Banyak persepsi negatif tentang wawasan kebangsaan. Di antaranya munculnya persepsi dan penjabaran yang keliru tentang demokrasi.

Demokrasi banyak diartikan sebagai kebangsaan tanpa batas serta adanya pengaruh dari pemanfaatan oleh kelompok kepentingan tertentu yang mengatasnamakan membela kepentingan rakyat. “Mereka seolah-olah menempatkan dirinya menjadi oposisi pemerintah dengan mengeksploitasi berbagai kelemahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat,’’ papar Abdullah.

Demikian pula arus perubahan yang diusung pada era globalisasi membawa tantangan tersendiri dalam kehidupan kebangsaan sebagai akibat masih lemahnya tingkat kualitas sumber daya manusia Indonesia. Bila tantangan tersebut tidak segera direspons dan disikapi dengan sungguh- sungguh tentu akan semakin melebar dan membawa dampak negatif terhadap kehidupan kebangsaan.

“Oleh karena itulah perlu dilakukan upaya pemahaman tentang wawasan nusantara sebagai perwujudan wawasan kebangsaan untuk mengembalikan paham, semangat dan rasa kebang- saan,” ungkapnya. (radar)

Loading...