Tak Izinkan Mal Baru Tahun Ini

0
176

takGENTENG – Bangunan mal di Banyuwangi bertambah seiring berdirinya mal di Kecamatan Genteng kemarin (16/3). Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang meresmikan pusat per belanjaan yang diberi nama Sun East Mall itu. Berdirinya mal ter sebut adalah yang terakhir di Banyuwangi. Sebab, Pemkab Banyuwangi belum memberikan izin serupa terhadap mal lain di Bumi Blambangan. ‘’Ini izinnya sudah lama. Tahun ini tidak ada mal lagi yang berdiri,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Selain melarang mal baru, kata Anas, Pemkab Banyuwangi juga belum memberikan izin terhadap bangunan waralaba. ‘’Indomaret dan sejenisnya belum ada izin berdiri di Banyuwangi tahun ini,” tegasnya. Bupati Anas menyampaikan, area parkir mal harus luas, sehingga tidak parkir di tepi jalan. ‘’Jangan sampai seperti di toko-toko di Genteng. Parkir kendaraan di tepi jalan dan mengganggu lalu-lintas,” sindirnya.

Sementara itu, di sepanjang Jalan Gajah Mada, Genteng, kerap banyak kendaraan parkir di tepi jalan. Itu disebabkan banyak toko tidak memiliki lahan parkir. Jadi, jangan heran jika jalan di depan perkotaan itu se ring macet. Kemacetan kerap kali terjadi di Pasar Genteng. Sebab, pasar ter sebut tidak memiliki area parkir yang memadai. Banyak kendaraan roda empat yang diparkir di tepi jalan. Sebenarnya pedagang pasar sangat membutuhkan area parkir demi mengurai kemacetan.

‘’Pasar sini memang membutuhkan tempat parkir,” ujar salah satu pengurus Peguyuban Pedagang Pasar (P2Pas) Genteng, Ahmad Fauzi, kemarin. Menurut dia, lahan parkir sangat dibutuhkan. Salah satu caranya, menata kembali bangunan pasar. “Permintaan pedagang, toko di depan itu di bongkar lalu dibuat lahan parkir. Sejak dulu memang gak punya tempat parkir,” tandasnya. (radar)

Loading...