Tambah Rp 4 Miliar untuk Pantai Boom

0
157

tambahBangun Jembatan Penghubung Kampung Ujung
BANYUWANGI – Satu persatu hasil penataan kawasan Pantai Boom, Banyuwangi mulai tampak. Anggaran yang telah digelontorkan Pemkab Banyuwangi, salah satunya melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang (PU-BMCKTR) sebesar Rp 2,5 miliar. berhasil mengubah cina kumuh Pantai Boom menjadi tempat wisata yang bersih dan indah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kepala Dinas PU-BMCKTR, Mujiotto mengatakan, pada tahun anggaran 2014, pihaknya melaksanakan lima kegiatan pembangunan penataan di kawasan pantai Boom. Pembangunan yang telah dilakukan itu meliputi pavingisasi jalan mulai pintu masuk hingga jalan di dalam kawasan Pantai Boom. Paving yang dipasang di kawasan Pantai Boom tersebut memiliki kualitas conblock K-300. Paving dengan kualitas prima itu mampu menahan beban seberat 300 kilogram (Kg) percentimeter persegi. “jadi, kendaraan roda empat dengan berat maksimal delapan ton bisa masuk kawasan Pantai Boom,” ujarnya.

Loading...

Selain pavingisasi jalan, pembangunan lain yang dilakukan Dinas PU-BMCKTR adalah mendirikan stand pedagang kaki lima (PKL), pembangunan musala, dan toilet. Pantauan wartawan, blok stan PKL tersebut kini sudah berdiri di sebelah barat jalan. Blok PKI. itu didesain menghadap pantai. “Sehingga seraya menikmati makanan atau minuman di blok PKL ini, pengunjung juga bisa menikmati view Selat Bali,” turut Mujiono.

Menurut Mujiono, pihaknya melibatkan arsitek papan atas tanah air, yakni Adi Purnomo untuk menggarap konsep pembangunan Pantai Boom. Saat ini, pembangunan toilet konsep modern yang berlokasi tak jauh dari blok PKL tersebut terus dikebut, begitu juga dengan pembangunan musala di kawasan pantai yang dahulu dikenal dengan sebutan Pelabuhan Lama tersebut. “Semua bangunan ini kita bangun dengan mengusung konsep green brlilding,” cetusnya. Meski demikian, Mujiono mengakui, penataan kawasan Pantai Boom belum tuntas dilakukan tahun ini.

Karena itu, tahun depan Dinas PU-BMCKTR akan kembali menganggarkan dana sebesar Rp 4 miliar untuk melanjutkan pembangunan di kawasan objek wisata yang satu ini. Dana sebesar Rp 4 miliar itu di antaranya akan digunakan untuk membangun jembatan dari arah Lingkungan Kampung Ujung menuju arah Taman Makam Pahlawan (TMP), pembangunan area parkir, pembangunan markas Satpol PP, dan lain-lain. “Di tahun 2.015, kami juga akan melanjutkan pembangunan blok PKL. Sehingga nanti semua PKL yang saat ini berjualan di Pantai Boom dapat tertampung,” pungkasnya. (radar)

Loading...