Tandur Padi, Ngurui-nguri Tradisi

0
437

Pelajar,-pejabat,-petani,-dan-kalangan-pemuda-turun-di-sawah-dalam-Festival-Padi-yang-dipusatkan-di-Sumbergondo,-Glenmore,-kemarin.-Bupati


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Festival Padi yang digeber Pemkab Banyuwangi berlangsung meriah kemarin (20/7). Ribuan orang, mulai pejabat hingga rakyat jelata, tua-muda, laki-laki dan perempuan, menyemut di lokasi acara yang dipusatkan di Sumbergondo, Kecamatan  Glenmore.

Festival Padi yang diselenggarakan kali pertama di Banyuwangi  tersebut tidak seperti festival budaya pada umumnya. Jika biasanya festival identik dengan musik dan tari, kali ini yang ditonjolkan ekspresi kebudayaan agrikultur kala mengawali  masa tanam.

Pada festival kemarin, Bupati Abdullah Azwar Anas ikut nyemplung ke sawah. Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Banyuwangi, ini tampak membaur dengan para petani dan ikut mem bajak sawah dengan menggunakan  singkal tradisional berpenggerak kerbau.

“Bukan hanya gebyar, tapi festival padi ini nguri-nguri tradisi. Ada kultur, ada spiritual dalam sistem bercocok tanam di Banyuwangi yang  harus dilestarikan dan diwariskan kepada generasi selanjutnya,” ujarnya.

Bupati-Anas-pun-ikut-membajak-sawah.

Festival Padi diharapkan bisa mendongkrak citra petani.  Menjadi petani adalah hal yang   bermartabat dan amat pentingdalam menjamin ketahanan pangan. “Kita libatkan anak muda dan pelajar, agar terekam dalam memori mereka bahwa menjadi  petani itu adalah hal yang penting.

“Dengan festival inilah, kami menyentuh kepercayaan diri  petani,” imbuhnya.(radar)

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :